Seni Membangun Hubungan Yang Baik Di Tempat Kerja

Seni Membangun Hubungan Yang Baik Di Tempat Kerja

Public Speaking“There is no exercise better for the heart than reaching down and lifting people up.” – John Andres Holmes

Membangun hubungan adalah bagian dari ilmu pengetahuan dan bagian dari seni. Untuk menjadi ahli dalam membangun hubungan yang efektif, Anda harus benar-benar tertarik pada orang lain.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda membangun relasi yang bisa membantu mengembangkan karir Anda :

1. Bersikap Apresiatif

Salah satu dasar membangun hubungan adalah menghargai setiap orang yang bermitra dengan Anda di tempat kerja, termasuk klien, bos atau atasan, dan rekan kerja Anda. Selalu ucapkan terima kasih dan hargai upaya apapun yang telah mereka lakukan untuk Anda. Selalu menghargai bagaimana orang lain berinteraksi dan membantu Anda selama bekerja.

2. Gunakan Waktu Anda dengan Bijak

Kenali hubungan mana yang paling bermakna yang harus Anda ciptakan dan pertahankan, baik untuk karier Anda maupun orang lain. Ingat, ini bukan komitmen sepihak. Anda harus berani menginvestasikan waktu Anda untuk menciptakan hubungan yang solid.

Baca Juga : Tips Memulai Hari Yang Produktif

3, Berilah Sebanyak yang Anda Dapatkan

Prinsip ini berlaku dalam semua hubungan. Anda harus bisa memberikan nilai yang setara dalam hubungan tersebut. Mungkin Anda adalah mentor bagi seseorang. Bagi atasan Anda, Anda memberikan kinerja yang hebat dan itu adalah nilai yang sangat bagus untuk atasan Anda. Anda memberikan wawasan dan nilai kepada klien dan pelanggan Anda, baik internal maupun eksternal. Pastikan Anda meluangkan waktu dan menghabiskan energi untuk memberi sebanyak yang Anda dapatkan.

4. Tak Harus Tentang Pekerjaan

Hubungan kerja tidak hanya diciptakan dan dikembangkan di tempat kerja. Sering kali, ini terjadi di luar kantor. Bisa terjadi saat makan siang, minum kopi, di gym, dan banyak tempat lainnya. Luangkan waktu untuk mengobrol santai dengan orang-orang yang ingin dekati. Anda tidak harus selalu membicarakan pekerjaan, bisa hobi atau apapun topik yang menarik di luar pekerjaan.

5. Keluar dari Zona Nyaman Anda

Paksa diri Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda dan kembangkan beberapa hubungan dengan orang yang tidak Anda kenal. Jika Anda tidak terbiasa berinisiatif untuk mengajak jalan, maka lakukanlah. Jangan takut untuk memulai duluan karena inisiatif ini menunjukkan ketertarikan Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat.

6. Bantu Orang Lain Sukses

Mungkin tidak ada cara yang lebih baik untuk membangun hubungan yang Anda butuhkan untuk sukses dalam karir Anda selain membantu orang lain sukses. Berikan bantuan semaksimal mungkin pada rekan kerja Anda untuk bisa sukses bersama. Bantuan Anda akan sangat berarti bagi mereka dan merupakan investasi yang bagus dalam karir Anda di masa mendatang.

Kemampuan untuk membangun hubungan memiliki kekuatan untuk membantu Anda dalam berkarir. Ingat, kesuksesan yang Anda capai dalam karir Anda sepenuhnya ada di tangan Anda. Ketika Anda meluangkan waktu dan energi untuk membangun hubungan kerja yang kuat, Anda secara otomatis memberi diri Anda ‘amunisi’ untuk karir yang lebih sukses.

Mari asah kemampuan Anda dalam berkomunikasi untuk memperluas jaringan Anda dengan mengikuti Workshop Public Speaking Mastery. Silahkan hubungi Ms. Isabelle (08113440909) untuk info lebih lanjut.

Semoga Bermanfaat!