Rasa Takut ? Siapa Takut

Rasa Takut ? Siapa Takut

“Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri”. (Franklin D Roseevelt)

Public Speaking Jakarta | Rasa takut yang biasanya hinggap di pikiran anda merupakan salah satu hal yang dapat mengganggu anda untuk berani melangkah ke tahap selanjutnya. Tetapi rasa takut yang seringkali anda rasakan sebenarnya dapat menolong anda untuk lebih waspada dalam berbagai hal. Dan biasanya hal ini merupakan perasaan yang wajar terjadi ketika anda menghadapi berbagai hal baru seperti, melakukan presentasi, ketika menawarkan sebuah produk, atau merintis usaha baru.

Anda mungkin sering membayangkan usaha anda gagal, presentasi anda buruk, orang-orang akan menolak anda. Setiap bayangan negatif ini bahkan bisa menjadi […] Read more

5 Pertanyaan Untuk Menganalisis Audiens

5 Pertanyaan Untuk Menganalisis Audiens

Public Speaking Jakarta | Public Speaking Indonesia | Anda menghadapi workshop yang sudah terjadwal. Bagaimana anda memastikan kesuksesannya ?

Kesuksesan sebuah program pelatihan tergantung pada banyak hal, yaitu :

Memenuhi kebutuhan audiens
Kemauan audines untuk belajar
Dukungan belajar sebelum dan setelah workshop

Sebelum anda mengadakan workshop, mutlak diingat bahwa sebuah workshop pelatihan hanya bisa membahas dua hal : pengetahuan dan ketrampilan. Sebagai seorang public speaker, komponen kunci dalam kerja anda adalah membuat manajemen memahami apa yang dapat dan tidak dapat dicapai dalam sebuah workshop. Seminar Public Speaking | Sebelum melakukan workshop untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ada baiknya anda memahami dan menganalisis audiens anda.

Baca Juga […] Read more

Cara Pembicara Terkenal Mempersiapkan Pidato Mereka

Cara Pembicara Terkenal Mempersiapkan Pidato Mereka

Cara Pembicara Terkenal Mempersiapkan Pidato Mereka

 

Tak ada orang waras yang mulai membangun sebuah rumah tanpa rencana, namun orang yang sama akan mulai berpidato tanpa suatu grais besar atau program. Sebuah pidato merupakan suatu perjalanan dengan tujuan, dan perjalanan itu perlu ditulis. Jika Anda tidak bisa mulai dari mana, biasanya Anda akan tiba disana.

Berikut ada tiga hal yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan pidato secara baik dan benar, diantaranya:

Bermain Solitaire dengan Catatan Anda

Buatlah catatan dan ilustrasi pada beberapa potongan kertas, bagilah menjadi tumpukan yang saling berkaitan yang mewakili ide utama dari pidato Anda. Ahli pidato yang baik biasanya mendapati saat mereka […] Read more

4 Tips Penting Agar Bisnismu Langgeng

4 Tips Penting Agar Bisnismu Langgeng

Public Speaking Indonesia | Saat anda membangun bisnis pertama kali , anda pasti masih bingung darimana bisnis itu di mulai. Pada dasarnya bisnis pasti memerlukan skill , tidak mungkin anda memulai bisnis tanpa skill.

 

Ada 4 skill yanga dapat anda kuasai dalam bisnis anda :

1. Harus bisa berjualan

Dalam sebuah bisnis anda pastinya memiliki kemampuan berjualan. Anda harus tau seperti apa cara anda melakukan pemasaran , dan meyakinkan customer anda bahwa yang anda jual berkualitas dan bermanfaat , saat produk yang anda jual laku dan sampai akhirnya tidak laku lagi anda harus memikirkan bagaimana produk anda laku dengan cara anda sendiri anda […] Read more

Perbedaan Public Speaking dan Percakapan

Perbedaan Public Speaking dan Percakapan

Public Speaking Jakarta | Meskipun Public Speaking dan percakapan sehari-hari memiliki beberapa persamaan. Tetapi public speaking dan percakapan sehari-hari tidaklah sama. Bayangkan ketika anda menceritakan sesuatu kepada teman mu. Kemudian bayangkan ketika anda menceritakan sesuatu di depan sekelompok orang yang terdiri dari tujuh atau delapan orang. Sekarang bayangkan juga ketika anda menceritakan cerita yang sama di hadapan 20 atau 30 orang. Ketika jumlah audiens anda meningkat, anda akan menemukan diri anda beradaptasi terhadap 3 perbedaan utama antara percakapan dan public speaking :

 

Baca Juga : 10 Detik Untuk Menunjukkan Bahwa Anda Adalah “Seseorang”

 

-Public Speaking Lebih Terstruktur

Public speaking biasanya terjadi dalam waktu yang […] Read more

Apa saja Metode yang dapat digunakan saat Public Speaking?

Apa saja Metode yang dapat digunakan saat Public Speaking?

Apa saja Metode yang dapat digunakan saat Public Speaking?

 

Terdapat empat metode dalam menyampaikan sesuatu. Semua metode lainnya hanyalah modifikasi dari salah satu atau beberapa metode dasar ini, yaitu membaca naskah, melafalkan pidato tertulis dan menyampaikannya berdasarkan ingatan, berbicara dengan membaca catatan, serta pidato spontan.

Empat metode tersebut diantaranya adalah:

1. Membaca Naskah

Metode ini tidak perlu dijabarkan secara rinci dalam sebuah buku tentang berbicara didepan publik. Pidato dengan membaca naskah kerap kali kita lihat di atas mimbar khotbah. Metode ini memperoleh keakuratan dan keanggunan bahasa, tapi kehilangan kekuatannya.

 

2. Menghafalkan Pidato Tertulis dan Menyampaikannya Berdasarkan Ingatan

Metode ini memiliki beberapa kelebihan. Jika memiliki waktu yang […] Read more

3 Cara Mengembangkan Mindset Yang Terus Berkembang

3 Cara Mengembangkan Mindset Yang Terus Berkembang

Public Speaking Indonesia | Mindset tidak akan lepas dari perkembangan hidup Anda, oleh sebab itu Anda ingin hidup Anda terus berkembang dan maju tidak ada salahnya Anda terus mengembangkan hidup Anda membicarakan soal pola pikir pastinya akan berbicara tentang diri Anda sendiri karena tidak ada orang lain yang dapat mengubah diri Anda sendiri milikmu sendiri.

 

Berikut ini cara mengembangkan berkembang

1. Percaya pada dirimu sendiri

Bagaimana Anda terus berkembang Jika Anda tidak percaya pada diri Anda sendiri. Saat kamu ingin melangkah kamu sudah takut, saat kamu ingin melakukan terobosan pada hidupmu tapi kamu dinilai tidak bisa padahal kamu belum mencoba, dari situ kamu […] Read more

3 L dalam Public Speaking

Motivator | Public Speaking |Penelitian AsosiasI MBA dunia terhadap lulusan program MBA menarik kesimpulan bahwa soft skill lebih berperan dalam peningkatan karir. Salah satu komponen soft skill adalah kemampuan komunikasi lisan.

Kemampuan komunikasi adalah hal penting yang harus menjadi perhatian seseorang dalam mencapai sesuatu , misalnya dalam dunia kerja atau yang lainnya. Beruntung jika seseorang memang  dikaruniai bakat untuk itu namun yang menjadi masalah adalah apabila kemampuan itu belum ada pada diri anda. Jelas anda harus belajar untuk mampu atau bahkan mahir dalam public speaking.

Ada beberapa cara untuk belajar public speaking , pertama mendapatkan license dari yang terbaik, kedua belajar langsung […] Read more

Efisiensi Melalui Intonasi | Belajar Public Speaking

Efisiensi Melalui Intonasi | Belajar Public Speaking

Efisiensi Melalui Intonasi

Seperti yang kita ketahui, kita menggunakan intonasi untuk memperlihatkan posisi relatif bunyi vokal–seperti tinggi, sedang, rendah, atau variasi intonasi lainnya. Dalam berpidato, kita harus menerapkannya tidak hanya dalam ucapan tunggal, seperti kata seru atau kata bersuku satu (Oh! atau yang), tetapi bisa juga didalam kelompok suku kata, kelompok kata, dan bahkan dalam kalimat-kalimat yang bisa dipidatokan dalam nada tunggal.

Berikut adalah situasi-situasi dimana para pembicara seminar harus melakukan variasi intonasi:

1.Setiap perubahan gagasan tentu memerlukan perubahan Intonasi. Entah secara sadar, setengah sadar ataupun tidak sadar sama sekali, aturan ini merupakan dasar yang logis dalam pembuatan variasi-variasi nada suara yang tepat, meskipun aturan […] Read more

3 Langkah Melakukan Kontak Mata

3 Langkah Melakukan Kontak Mata

Public Speaking Jakarta | Ketika anda menyampaikan sebuah presentasi, semua mata tertuju pada anda. Kelihatannya tingkah laku yang mengganggu benar-benar muncul ketika kita gugup. Sadarilah setiap gerakan dari tubuh anda sebelum anda melakukan presentasi di depan umum dengan melakukan latihan di depan cermin atau di depan teman anda agar anda dapat melihat kekurangan anda.

 

Baca Juga : Eye Contact dalam Presentasi

 

Leonardo da Vinci diyakini pernah berkata, “Mata adalah jendela jiwa”.

Kita membentuk hubungan dan mengungkapkan perasaan kita melalui mata kita. Dalam beberapa budaya, melakukan kontak mata dengan audiens adalah hal yang penting. Kita dapat menggunakan mata kita untuk mengajak audiens agar berpartisipasi […] Read more