Tips Menyimak Pertanyaan Audiens

Tips Menyimak Pertanyaan Audiens

Public Speaking Jakarta | Public Speaking Indonesia | Pernahkah anda mengikuti sebuah workshop dimana pembicaranya mengajukan sebuah pertanyaan, dan ketika audiens tidak segera meresponnya, ia mengajukan pertanyaan lain (yang berbeda) ?, memang kedengarannya konyol, tapi hal ini sering terjadi.

Mengajukan pertanyaan bisa jadi lebih mudah dibanding menyimak audiens ketika mereka bertanya kepada kita. Seringnya kita ingin langsung memotong dengan jawaban disaat kita seharusnya menyampaikan ulang pertanyaan tersebut. Meskipun kita semua merasa kita tahu bagaimana mengajukan dan menjawab pertanyaan, tanpa teknik-teknik yang tepat pada akhirnya anda malah bisa membuat bingung audiens anda.

Baca Juga : Eye Contact dalam Presentasi

Berikut adalah beberapa tips untuk […] Read more

Cara Mengendalikan Rasa Takut Saat Public Speaking

Cara Mengendalikan Rasa Takut Saat Public Speaking

Motivator|Survey yang dilakukan oleh The People’s Almanac Book terhadap 3000 warga amerika mengenai hal apa yang paling ditakuti mendapati hasil bahwa berbicara di depan kelompok menjadi peringkat nomor 1 sebagai hal yang paling ditakuti yaitu dengan jumlah 600 jiwa dan mencapai persentase sampai 21%.

Mengatasi rasa takut saat berbicara di depan umum memang tidak mudah dan sulit dilakukan oleh beberapa orang. Namun jangan khawatir ketakutan sebelum berbicara di depan umum dapat dikurangi dengan banyak cara. Berikut saya paparkan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan rasa takut sebelum public speaking atau berbicara di depan umum.

Pertama , penyesuain diri

Salah satu factor […] Read more

Cara Mempertahankan Perhatian Audiens

Cara Mempertahankan Perhatian Audiens

Public Speaking | Dale Carnegie mengatakan “Tujuan Anda adalah membuat audiens Anda melihat apa yang Anda lihat, mendengar apa yang Anda dengar, merasakan apa yang Anda rasakan. Detail yang relevan, ditulis dalam bahasa konkret dan penuh warna, adalah cara terbaik untuk menciptakan kembali kejadian yang terjadi dan menggambarkannya kepada penonton”. Terlalu banyak fakta materi yang dingin akan membuat audiens bosan. Tetapi pembicara dapat menyampaikannya sebagaimana ia menyusunnya; dengan perasaan dan antusiasme yang muncul dari ketulusan paling dalam. Tak heran jika pidatonya mendapat banyak perhatian.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk Mempertahankan Perhatian Audiens

Setiap saat Anda bicara, Anda […] Read more

Mencegah “Bau Busuk” Presentasi

Mencegah “Bau Busuk” Presentasi

Motivator | Cara yang di lakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi bau busuk di Kali Item, Kemayoran, mendapat respon beragam dari para warganet. Pemerintah Jakarta memilih untuk menutup Kali Item dengan jaring hitam sepanjang 700 meter di sekitar Wisma Atlet Kemayoran. Tempat di mana para atlet dari 45 negara peserta Asian Games 2018 akan bernaung 18 Agustus – 2 September menginap. Jaring diharap bisa menghadang hembusan angin yang membawa aroma tak sedap dari badan air kali tersebut. Tentunya hal ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan matang sebelumnya.

Menutup Kali Item, mungkin saja dapat mengurangi bau busuk disana, akan tetapi anda […] Read more

Tips Ampuh Menghindari Bullying Saat Public Speaking

Tips Ampuh Menghindari Bullying Saat Public Speaking

Motivator | Training Karyawan | “Pernahkah anda mengalami bully saat Public Speaking ?” Jika “Ya” maka hal ini tentunya akan meninggalkan bekas trauma yang mendalam di diri anda, sehingga sulit untuk dapat berdiri memberikan presentasi lagi.

Traumatik mendalam atau menerima bully-an saat public speaking dapat anda hindari dengan tiga cara ini :

Percaya diri

Yakinkanlah diri anda bahwa anda dapat membawakan presentasi dengan baik, lakukanlah latihan yang berulang kali sebelum anda tampil membawakan presentasi anda. Tidak mudah untuk dapat melakukan poin ini, tetapi ada beberapa cara jitu mengatasi deman panggung yang dapat anda baca artikel saya “obat deman panggung”

Orang tidak akan membully anda jika memiliki level kepercayaan diri yang tinggi, anda dapat […] Read more

5 Formula untuk Menyampaikan Pesan Anda

5 Formula untuk Menyampaikan Pesan Anda

Public Speaking  Jakarta | Menyampaikan maksud anda secara jelas, mengutarakan masalah anda, membuat anda di dengar. Akan ada saatnya ketika semua itu menjadi sangat penting bagi anda. Pertanyaannya adalah bagaimana anda mengatur pikiran dan ide anda sedemikian rupa, sehingga anda mampu memperoleh tanggapan yang anda inginkan ?

Pertama, hal itu tergantung pada adakah masalah yang ingin anda ungkap agar diperhatikan, atau apakah anda ingin mengusulkan solusi bagi masalah yang telah ada. Inilah dua format yang ampuh. Selain sangat membantu dalam menyusun argumentasi anda, keduanya mengandung manfaat tersembunyi.

 

Baca Juga : 4 Cara Mengevaluasi Presentasi Anda

 

Ada 5 formula yang harus anda perhatikan untuk […] Read more

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Public Speaking | Milan Kundera berkata, “The struggle of man against power is the struggle of memory against forgetting”.  Rata-rata orang tidak mampu memanfaatkan kapasitas memorinya diatas 10% dari kapasitas memori sesungguhnya. Di samping semua persiapan dan pencegahan, andai seorang pembicara di tengah pidatonya tiba-tiba mendapati pikirannya blank – ia tiba-tiba memandangi audiens, terdiam, tidak mampu melanjutkan suatu situasi yang mengerikan. Apa yang harus dilakukan ? Saat seorang senator Amerika Serikat menghadapi situasi seperti ini, ia bertanya pada audiens apakah ia bicara cukup keras. Ia tidak mencari informasi. Ia mencari waktu. Dan dalam saat-saat jeda tersebut, ia mengobrak-abrik pikirannya […] Read more

3 Cara Agar Uang Anda Bermaanfaat

3 Cara Agar Uang Anda Bermaanfaat

Public Speaking | Hidup itu sederhana tapi kita yang membuat hidup itu jadi rumit

-confucius-

 

Kemarin saya bertemu bersama teman saya. Kita berdiskusi disuatu tempat makan yang lumayan ramai. Teman saya yang pertama bernama Yasa dan 1 lagi bernama Martin.

Teman saya yang bernama Martin berdiskusi Tanya jawab dengan Yasa

Martin Tanya ke Yasa , “Yasa, kenapa manusia hidup harus mengejar uang sih?”

Sejenak Yasa tersenyum mendapat pertanyaan itu dan menjawab yang kurang lebih Yasa seperti ini

“Uang adalah Ibarat kata hamba yang baik namun juga tuan yang jahat. Uang ngga negatif, tapi juga ngga positif. Uang itu sifatnya netral”

Sifat uang hanyalah memperbesar sifat dasar manusia. Uang […] Read more

Kebodohan dalam Komunikasi (Motivator)

Kebodohan dalam Komunikasi (Motivator)

Motivator| Belajar Public Speaking – Hasnaeni wanita kader partai demokrat yang saat ini memaksakan diri untuk menjadi calon gubernur DKI dalam sebuah wawancara, mengemukakan konsep pelayanan kesehatan yang hanya dengan menggunakan KTP.

Sebuah pernyataan yang mengejutkan terlontar dari Hasnaeni sehubungan dengan BPJS “Sebenarnya yang merancang dan mendesain ide awal itu dari saya. Makanya itu kenapa saya berani dengan konsep KTP ini,” ujar Hasnaeni.

Hasnaeni mengatakan, dialah yang memberi ide itu kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan sewaktu dia masih menjadi staf khusus tidak resmi. Namun, dia mengaku tidak membocorkan seluruh konsepnya sehingga implementasi BPJS saat ini masih salah.

“Namun, saya enggak gunakan semua konsepnya […] Read more

Percaya Diri Dihadapan Audience | How To Speak With Confidence

Percaya Diri Dihadapan Audience | How To Speak With Confidence

Percaya diri dihadapan Audience saat Anda berbicara tentu bukanlah hal yang mudah. Namun juga bukan suatu hal yang sulit. Semua bisa dilakukan dengan mudah asal kita mau berusaha dan terus berlatih. “Satu-satunya cara mengeluarkan udara dari dalam gelas adalah dengan menuangkan air ke dalamnya”. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk membuat diri Anda menjadi lebih Percaya diri dihadapan Audience Anda, yakni

1.Konsentrasi Kepada Materi Pidato Anda.

Terapkanlah prinsip ini. Jika Anda sudah sangat berfokus kepada materi yang akan Anda bawakan, maka Anda akan mampu mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat kepercayaan diri Anda lenyap. Konsentrasi merupakan proses pengalihan perhatian dari hal-hal […] Read more