V O I C E – Dalam Menyampaikan Isi Presentasi

V O I C E – Dalam Menyampaikan Isi Presentasi

Public Speaking Indonesia | Public Speaking Jakarta | Dalam sebuah seminar ataupun workshop sangat diperlukan sebuah ketrampilan dan kemampuan dalam berbicara, agar audiens dapat dengan mudah menangkap dan memahami isi presentasi anda.

Kemampuan berbicara dapat dipelajari dengan melakukan latihan secara berulang-ulang dan mengikuti kelas public speaking. Seminar Public Speaking | Setalah anda memiliki kemampuan public speaking yang baik, anda juga harus mampu mengontrol -V O I C E- dalam menyampaikan presentasi anda.

Baca Juga : Metode Penyampaian Dalam Public Speaking

V O I C E – tersebut terdiri dari :

  1. Volume Suara

Dalam berkomunikasi, suara berperan sebagai jembatan dari satu pihak ke pihak lain untuk menyampaikan pesan dan makna yang ingin disampaikan. Pengelolaan suara yang baik akan memiliki daya tarik bagi audines.

Pengelolaan volume suara dapat mempengaruhi tingkat kejenuhan para audiens. Volume suara seorang public speaker dalam menyampaikan sebuah presentasi sangatlah penting dan dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan ketertarikan audiens.

  1. Oh…

Ketika kita menyampaikan isi presentasi, terkadang kita tanpa sadar mengucapkan kata-kata yang tidak terlalu dibutuhkan dan cenderung mengganggu perhatian audiens. Misalnya seperti kata “OH”, “AH”, “EM”, dan lain sebagianya.

Untuk mengurangi penggunaan kata-kata yang tidak diperlukan dapat dilakukan dengan melakukan latihan presentasi didepan cermin, atau didepan teman anda agar ketika anda tanpa sadar mengucapkan kata-kata tersebut, teman anda dapat secara langsung menegur anda.

  1. Intonasi

Intonasi diperlukan untuk membuat presentasi lebih menarik, intonasi mencakup beberapa hal yaitu nada, tempo, dan timbre. Untuk mendapatkan perhatian dari audiens dapat dilakukan dengan cara meningkatkan ataupun menurunkan nada, tempo, dan penekanan timbre dalam berbicara.

  1. Clearity

Sampaikan materi presentasi anda dengan pengucapan yang jelas, sehingga memudahkan audiens dalam memahami materi dan beberapa istilah yang anda sampaikan.

  1. Energi

Gunakan energi yang powerful untuk memberikan kesan bagi audiens bahwa anda sangat antusias berbagi ilmu, berinteraksi, dan bertatap muka dengan audiens anda. Dengan energi anda yang powerful, dapat meningkatkan antusiasme audiens untuk mendengarkan isi presentasi anda. (Mardiana Fitriani)

 

Untuk menjawab pertanyaan tentang langkah-langkah membuat presentasi lebih menarik klik Disini dan temukan jawabannya

Tingkatkan kemampuan Public Speaking dan presentasi anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Originally posted 2018-01-21 14:51:52.