Metode Penyampaian Public Speaking

Metode Penyampaian Public Speaking

3. Berbicara dengan Membaca Catatan. Metode ketiga ini merupakan metode cara penyampaian yang paling populer, juga mungkin yang terbaik untuk pemula. Berbicara dengan membaca catatan bukanlah penyampaian yang idel, akan tetapi tidak salah juga. Buatlah catatan rencana yang pasti tentang isi pidato Anda, dan tuliskan point-point pentingnya saja. Catatan ini mungkin diperlukan untuk sementara waktu, tetapi selalu pandang hal itu sebagai suatu kekurangan yang diperlukan.

Bersambung…

 

4. Pidato Spontan. Tentunya ini adalah metode penyampaian yang paling ideal. Hal ini sangat disukai para Audience dan merupakan metode favourite para pembicara seminar public speaking yang paling efisien. Pidato spontan terkadang disamakan dengan pidato tanpa persiapan dan sering kali memang seperti itu keadaannya. Namun bukan berarti semua pembicara, baik yang tua maupun yang muuda untuk mengikuti hal ini. Sebaliknya, berbicara dengan baik tanpa catatan memerlukan semua persiapan yang telah dibahas diatas.

Yang perlu Anda ingat bahwa inspirasi yang paling efektif adalah inspirasi yang Anda bawa kesana, terpendam dalam jiwa Anda dan siap untuk diresapkan ke dalam diri penonton. Dalam berbicara dengan metode seperti ini, Anda dapat mendekatkan diri dengan penonton. Jika berbicara dalam training public speaking tanpa persiapan maka Anda tidak perlu berhenti dan sibuk mencari-cari catatan– Anda dapat memukau Audience dengan lirikan mata Anda.

 

5. Metode Penyampaian Gabungan. Modifikasi dari metode kedua telah diadopsi oleh banyak sekali pembicara hebat. Pembicara seperti ini seringkali menghafalkan pidatonya, tapi juga menyimpan naskah dalam bentuk buku yang fleksibel dihadapannya. Sesekali membolak-balikkan beberapa halaman. Sebagian orang lainnya menulis dan menghafalkan beberapa bagian penting dari pidato– pendahuluan, kesimpulan, beberapa argumen penting, dan beberapa ilustrasi yang gaya bahasanya tergantung situasi.

Beberapa pembicara membaca beberapa bagian dari pidato mereka yang paling penting dan mengucapkan sisanya dengan spontanitas.  Jadi, apa yang kita sebut dengan keinginan setiap orang. Anda harus memutuskan sendiri mana yang terbaik untuk Anda, untuk kesempatan tersebut, untuk subjek Anda dan untuk Audience Anda.

 

Ingin Mengundang Ongky Hojanto untuk seminar dan Training di perusahan anda ? Hub 0811 349 0909.

Originally posted 2016-07-27 11:53:31.