Tips Menyimak Pertanyaan Audiens

Tips Menyimak Pertanyaan Audiens

Public Speaking Jakarta | Public Speaking Indonesia | Pernahkah anda mengikuti sebuah workshop dimana pembicaranya mengajukan sebuah pertanyaan, dan ketika audiens tidak segera meresponnya, ia mengajukan pertanyaan lain (yang berbeda) ?, memang kedengarannya konyol, tapi hal ini sering terjadi.

Mengajukan pertanyaan bisa jadi lebih mudah dibanding menyimak audiens ketika mereka bertanya kepada kita. Seringnya kita ingin langsung memotong dengan jawaban disaat kita seharusnya menyampaikan ulang pertanyaan tersebut. Meskipun kita semua merasa kita tahu bagaimana mengajukan dan menjawab pertanyaan, tanpa teknik-teknik yang tepat pada akhirnya anda malah bisa membuat bingung audiens anda.

Baca Juga : Eye Contact dalam Presentasi

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anda menyimak secara aktif ketika para audiens mengajukan pertanyaan kepada anda:

1. Tataplah langsung si penanya

Lakukan kontak mata, condongkan badan ke depan, dan atur tangan anda dalam sikap terbuka untuk menunjukkan anda sedang aktif mendengarkan dan tertarik dengan pertanyaan audiens.

2. Jangan menyela

Tunggulah sampai audiens selesai menanyakan pertanyaannya. Hal ini akan menghindarkan anda dari menyimpulkan sendiri apa yang anda kira akan ditanyakan oleh audiens.

3. Simaklah dengan seksama

Cermati dengan baik intensinya (apa yang dimaksud) maupun isinya (apa yang ditanyakan).

4. Jangan mengirimkan sinyal dan kesan negatif

Jangan mengirimkan sinyal negatif dengan meremas-remas tangan anda, mengepalkan tinju anda, atau menyilangkan tangan anda. Serta jangan juga menunjukkan tanda-tanda sikap defensif atau menebarkan kesan bahwa anda bosan, tidak sabar, atau terganggu oleh pertanyaan audiens.

5. Terima pertanyaan itu dan para-frasa-kan

Memparafrasakan bisa mencakup sesuatu seperti ini, “Kalau saya menangkapnya dengan benar, anda ingin menanyakan….”. Teknik ini memberi anda beberapa detik untuk memikirkan jawaban anda dan mendemonstrasikan bahwa anda memang menyimak pertanyaan audiens. (Mardiana Fitriani)

 

Seminar Public Speaking

Untuk menjawab pertanyaan tentang teknik membuat presentasi lebih menarik klik Disini dan temukan jawabannya

Tingkatkan kemampuan Public Speaking dan presentasi anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909