Eye Contact dalam Presentasi

Eye Contact dalam Presentasi

Eye Contact dalam Presentasi memang menjadi suatu yang penting untuk diperhatikan. Jika Anda ingin mengadakan seminar public speaking ataupun Anda ingin menjadi seorang Training Public Speaking. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam melakukan kontak mata. Berikut adalah beberapa kesalahan kontak mata yang sering dilakukan oleh seorang pembicara:

  1. Mata yang terpaku ke lantai atau langit-langit Bayangkan Anda sedang menonton seorang pembicara yang menatap ke lantai atau langit-langit, tapi jarang melihat kearah penonton. Apa pesan yang Anda berikan tentang kemampuan mereka? Biasanya pesan itu berupa bahwa mereka kurang percaya diri, tidak yakin dengan materi mereka, tidak siap atau tidak tertarik pada subjek yang mereka bawakan. Sebuah persepsi umum adalah bahwa pembicara tidak mencari informasi atau mengada-ada. Meskipun kepercayaan populer ini tidak didukung oleh penelitian, hal ini hampir tidak penting, kalau itu yang penonton pikirkan tentang Anda. Menyadari bagaimana penonton membuat keputusan cepat berdasarkan pada apa yang Anda lakukan dengan cara berbicara Anda.

 

  1. Kesalahan kontak mata yang kedua adalah berusaha menemukan satu atau dua orang di antara penonton yang memiliki wajah atau senyum yang akrab dengan Anda. Pikirkan tentang bagaimana penonton yang merasa jika Anda hanya terfokus pada satu orang saja. Jika Anda berada dalam percakapan tiga arah dan hanya membuat kontak mata dengan satu orang, maka yang lainnya dengan cepat akan berjalan pergi. Penonton tidak selalu memiliki kebebasan yang sama, tapi bukannya berjalan menjauh secara fisik, mereka mungkin mulai berkeliaran mental dari apa yang Anda katakan, hanya karena rasanya seperti Anda tidak berbicara kepada mereka.

Baca Juga : Jeda dan Pengaruhnya

  1. Mata yang membenamkan ke catatan. Yaitu ketika Anda menghabiskan waktu menggali catatan Anda, dan mengabaikan Audience. Hal ini dapat terjadi ketika Anda tidak merasa menguasai materi. Semakin banyak catatan yang Anda miliki, akan membingungkan mereka akan pembicaraan Anda dan Anda akan cenderung mengandalkan berbicara kata demi kata dari catatan. Jika ini terjadi maka kontak mata Anda kepada Audience akan tidak terfokuskan.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery.

 

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klik www.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

Originally posted 2016-10-14 09:30:46.