5 Cara Sukses Mengelola Banyak Bisnis
“You don’t build a business, you build people, then people build the business.” – Zig Ziglar
Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Belajar Public Speaking | Sukses Mengelola Banyak Bisnis
Sudah bukan rahasia lagi jika banyak pengusaha yang memilki lebih dari satu bisnis. Misalnya, awalnya memulai dengan satu restoran, lalu membuka beberapa cabang, dan diundang ke berbagai acara untuk menjadi pembicara atau motivator.
Semakin berkembang bisnis Anda, semakin sulit pula untuk menjalankannya seorang diri. Dan sangat berisiko jika memaksakan diri karena kesalahan sekecil apapun akan berdampak pada bisnis Anda. Agar semua bisnis Anda bisa berjalan dengan semestinya, maka terapkanlah 5 cara berikut ini !
Baca Juga : 5 Cara Cerdas Menangani Konflik Internal Perusahaan Startup
1. Tetap Fokus
Membangun bisnis tidak bisa gegabah, harus penuh perhitungan dan tidak bisa terburu-buru. Memiliki banyak bisnis, artinya tanggung jawab Anda juga bertambah. Untuk itu, Anda tidak boleh kehilangan fokus.
2. Rekrut Tim yang Kompeten
Semakin besar bisnis Anda, semakin besar juga tim yang diperlukan. Anda perlu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengelola dan mengembangkan tim. Fokus membangun tim yang kuat, dengan fokus pada skill yang dimiliki setiap anggota tim. Anda juga memerlukan tim yang solid untuk mengelola banyak bisnis, mulai dari marketing hingga eksekusi. Tim Anda inilah yang akan menjadi ‘perisai’ atau garis terdepan dalam bisnis Anda. Sehingga perlakukanlah Mereka dengan penuh respect dan jangan lelah untuk terus memotivasi Mereka.
3. Mengadakan Weekly Meeting
Sama pentingnya dengan memiliki tim yang solid, menjadi yang terbaik di antara kompetitor dalam bisnis juga penting. Itulah mengapa perlu ada data untuk mengukur pertumbuhan bisnis Anda. Agar bisa memonitor kinerja bisnis Anda, adakan weekly meeting secara rutin untuk saling bertukar data. Cara ini membantu melihat apakah bisnis Anda berkembang atau apakah ada penurunan kinerja dan penjualan.
4. Prioritaskan Tugas yang Memerlukan Perhatian Anda
Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mulai percaya kepada tim untuk mengelola bisnis. Berfokuslah pada tugas-tugas penting yang tidak bisa dikerjakan oleh tim. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengatur, mendelegasikan, dan memprioritaskan apa yang dirasa penting dan memerlukan perhatian lebih.
5. Cobalah untuk Tidak Mengkhawatirkan Hal-Hal Kecil
Jujur saja, sesukses-suksesnya seseorang pasti Kita pernah mengkhawatirkan hal-hal yang tidak terlalu penting dalam jangka panjang. Sebagai seorang pengusaha yang memiliki banyak bisnis, Anda harus terus move on, tetap optimis dan terus memiliki rencana cadangan untuk mengantisipasi jika terjadi kesalahan.
Mengkhawatirkan masalah yang belum pasti adanya justru hanya membuang waktu dan energi Anda yang berharga. Anda bisa menggunakan waktu itu untuk mengurus hal-hal yang lebih penting, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, dan membantu bisnis Anda berkembang. Jangan biarkan kekhawatiran menghambat Anda untuk maju.
Mari gunakan 5 cara diatas agar mengelola banyak bisnis menjadi lebih mudah dan Anda dapat lebih fokus untuk membangun, serta memeliharanya.
Demikian saya Ongky Hojanto
Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan
Penulis Buku Best Seller
Founder Public Speaking Academy
Klik Disini : Bangkit dari kegagalan
Semoga bermanfaat!
Source:
Originally posted 2023-03-27 13:14:26.