Penyesuaian Diri Dalam Public Speaking

Penyesuaian Diri Dalam Public Speaking

“Seni kehidupan terletak pada penyesuaian ulang yang konstan terhadap lingkungan kita.” – Kakuzo Okakura.


Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Belajar Public Speaking | Penyesuaian Diri

Penyesuaian diri dalam public speaking merupakan keterampilan penting yang dapat membantu Anda menjadi pembicara yang lebih efektif dan percaya diri di hadapan audiens. Namun untuk dapat menyesuaikan diri dalam public speaking Kita harus melakukannya secara fisik dan juga secara mental. Lalu apa sih yang dimaksud dengan penyesuaian diri secara fisik dan penyesuaian diri secara mental ?

Baca Juga : 3 Rahasia Mengubah Takut Menjadi Berani Dalam Public Speaking

Berikut Adalah Penyesuaian Diri Secara Fisik Dan Penyesuaian Diri Secara Mental Dalam Public Speaking :

1. Penyesuaian Diri Secara Fisik

Penyesuaian diri secara fisik artinya Apabila Anda membuat presentasi atau public speaking luring dengan audiens Anda maka Anda harus datang lebih awal. Ketika Anda datang lebih awal secara psikologi Anda akan merasa nyaman dengan situasi lingkungan tempat Anda berbicara karena Anda sudah menyesuaikan diri terlebih dahulu. Contoh : Jika Anda presentasi jam 9 pagi maka pastikan 1 jam sebelum acara dimulai Anda sudah hadir di sana dan Anda bisa menyamankan diri Anda dengan lingkungan sekitar.

2. Penyesuaian Diri  Secara Mental

Penyesuaian diri secara mental artinya saat Anda akan melakukan presentasi maka mulailah untuk membayangkan hal-hal yang Anda harapkan terjadi, bukannya hal-hal yang Anda tidak harapkan terjadi. Satu minggu sebelum acara, H-4 sebelum acara, mulailah Anda membayangkan situasi kondisi yang Anda harapkan untuk terjadi.

Saya punya seorang teman, namanya Ino dan dia begitu takut naik pesawat terbang. lalu Saya tanya “No, Lu kenapa takut naik pesawat terbang?”. Lalu dia katakan “Iya gimana sih Ky. Gua nih ya, ketika baru duduk di pesawat gua bayangin gimana kalau pesawatnya jatuh ?” dan semakin dia membayangkan itu semakin khawatir, gelisah dan takut dia. Lalu Saya tanyakan pertanyaan berikutnya “Kenapa Kamu tidak pernah bayangkan bahwa pesawatnya akan take off dan landing dengan selamat ?”. Dia tersenyum dan dia katakan “Ya benar juga sih”.

Jadi terkadang Anda dan Saya sering membayangkan hal-hal yang Kita takutkan untuk terjadi dan bukannya hal-hal yang Kita inginkan untuk terjadi dan pada penyesuaian diri secara mental Anda harus mulai membayangkan situasi dan kondisi yang Anda harapkan terjadi.

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !