3 Kesalahan Ketika Orang Ingin Belajar Public Speaking

3 Kesalahan Ketika Orang Ingin Belajar Public Speaking

“Anda dapat meningkatkan nilai diri lebih dari 50% hanya dengan memiliki kemampuan public speaking” – Warren Buffett.


Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Belajar Public Speaking | Kesalahan Ketika Belajar Public Speaking

Kemampuan public speaking akan membantu seseorang untuk menyampaikan ide, informasi, dan visi Mereka dengan jelas dan persuasif. Kemampuan berkomunikasi yang baik adalah keterampilan yang sangat dihargai di dunia bisnis dan kehidupan sehari-hari. Namun sayangnya masih sangat banyak orang yang melakukan kesalahan ketika belajar public speaking, terutama Mereka yang baru mulai belajar public speaking. Dan inilah 3 kesalahan ketika orang ingin belajar public speaking !

Baca Juga : Penyesuaian Diri Dalam Public Speaking

1. Salah Persepsi

Banyak orang berpikir ketika ikut kelas pelatihan atau workshop public speaking langsung bisa menghilangkan ketakutan yang dirasakan. Ketakutan dikendalikan bukan untuk dihilangkan sehingga ketika Anda ikut kelas siapapun ketakutan akan tetap ada. Hal tersebut juga didukung dengan data yang disampaikan oleh hellosehat.com edisi 27 Oktober 2022 bahwa ketakutan adalah bagian dari naluri alami manusia untuk bertahan hidup. Namun rasa takut yang berlebihan juga akan berdampak negatif. Oleh karena itu, mulai saat ini sadarlah bahwa penting untuk dapat bisa mengendalikan rasa takut, rasa gugup dan kekhawatiran yang berlebihan.

2. Kesalahan Memilih Guru

Begitu banyak orang juga berpikir bahwa orang yang bisa bicara depan kamera adalah seorang public speaker, sebelum menentukan guru terbaik versi Anda maka langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa tujuan Anda dalam mempelajari ilmu public speaking. Apakah Anda ingin belajar public speaking untuk presentasi atau untuk MC, host dan sebagainya. Ketika Anda ingin belajar public speaking untuk tujuan presentasi maka carilah orang yang berpengalaman di bidang presentasi untuk mengajarkan Anda. Sebaliknya, ketika Anda ingin belajar public speaking untuk membawakan acara maka carilah seorang host yang berpengalaman untuk mengejar Anda.

3. Kesalahan Metode

Begitu banyak guru, begitu banyak trainer mengutamakan “Ayo berani, ayo berani”. Berani adalah bagian terpenting dalam presentasi public speaking namun ada dua bagian lain yang tidak kalah penting yaitu berurutan dan menampilkan bahasa tubuh yang elegan.

Public speaking adalah keterampilan yang bisa dipelajari. Mari Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Motivation Mastery atau Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Ivena 0811 3440 909.

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller Public Speaking Mastery Versi Gramedia Pustaka Utama

Founder Public Speaking Academy


Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !