Isi Public Speaking Saat Kampanye

Isi Public Speaking Saat Kampanye

Public Speaking“Berbicara politik sebagai debat kebijakan, bukan kasak-kusuk elit berebut kekuasaan.” – Najwa Shihab

Saat Anda sedang mencalonkan diri sebagai calon legislatif ataupun calon kepala daerah, pastinya Anda akan melakukan banyak kegiatan untuk menarik simpati masyarakat dan juga membuat masyarakat melirik program kerja yang sudah Anda dan tim Anda rancang.

Untuk membuat sebuah pidato, presentasi, ataupun public speaking yang dapat menarik perhatian audiens, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Mulai dari tempat, pakaian yang Anda gunakan, hingga yang apa yang ingin Anda sampaikan.

Penting untuk Anda memikirkan dengan baik, konsep seperti apa yang akan Anda bawakan saat Anda menyampaikan isi dari pidato, presentasi, ataupun public speaking kampanye Anda di depan audiens Anda nantinya.

Baca juga : mengapa setiap karyawan harus mengikuti pelatihan komunikasi?

Berikut ini adalah 3 konsep isi pidato, presentasi, public speaking yang dapat Anda gunakan saat sedang kampanye :

1. Konsep Minus

Anda bisa menyampaikan hal-hal apa saja yang menjadi minus di daerah tersebut. Jika Anda bisa menjabarkan dengan baik terkait apa saja yang menjadi minus, kendala, ataupun hambatan yang dihadapi oleh masyarakat setempat, maka masyarakat akan berpikir jika Anda merupakan seseorang yang perduli dengan masalah yang sedang terjadi dan cocok untuk dijadikan pemimpin di masa depan.

2. Konsep Pencapaian

Jika Anda adalah seorang incumbent maka sampaikanlah pencapaian-pencapaian atau penerimaan apa saja yang sudah pernah Anda dapatkan selama masa karir Anda. Hal ini akan membuat masyarakat yakin untuk menjadikan Anda sebagai pemimpin mereka selanjutnya karena latar belakang Anda yang baik dan tidak perlu diragukan lagi.

3. Konsep Harapan

Selanjutnya, Anda juga dapat memberikan harapan kepada konsituen Anda ketika Anda tampil dipanggung untuk membawakan pidato, presentasi, ataupun public speaking. Anda bisa membuat beberapa kalimat yang Anda ucapkan menjadi sebuah harapan untuk audiens yang hadir. Seperti nantinya Anda akan membangun jembatan untuk menghubungkan mereka dengan desa sebelah, dan lain sebagainya.

Jangan biarkan kampanye yang Anda lakukan menjadi sia-sia karena Anda tidak mempersiapkannya dengan baik dan matang. Pastikan jika Anda sudah menyiapkan semua hal dengan baik sehingga dapat menarik suara masyarakat untuk mempercayakan kursi kepemimpinan kepada Anda.

Terapkan salah satu dari ketiga konsep yang sudah dijelaskan di atas, maka pidato, presentasi, ataupun public speaking Anda selama masa kampanye akan lebih mudah Anda bawakan.

Semoga bermanfaat!

Dibuat : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0812 4950 909