3 Tips Meminta Maaf

3 Tips Meminta Maaf

Public Speaking | Video parodi yang di persepsikan sebagai penghinaan oleh Zidan dan Tri Suaka terhadap Andika Kangen Band mendapat respon negatif dari netizen Indonesia, hal ini tentu berdampak pada reputasi dari Zidan dan Tri Suaka. Di lansir dari kompas.com yang mengatakan bahwa terjadi berkurangnya ribuan subscriber yang mereka miliki di akun YouTube mereka, akun YouTube Zinidin Zidan yang semula memiliki 1,4 juta subscribers kini berkurang sekitar 10.000 dan menjadi 1,39 juta subscribers. Beberapa saat kemudian keluarlah video klarifikasi sekaligus permintaan maaf yang di lakukan oleh Zidan dan Tri Suaka, namun netizen tidak sepenuhnya puas dan justru mengomentari balik video permintaan maaf dari Zidan dan Tri Suaka yang terkesan asal-asalan, tidak tulus, dan terpaksa.

Lalu apa yang harus di lakukan apabila ingin melakukan sebuah permintaan maaf agar bisa terkesan tulus di mata penerima pesan?

Berikut ini 3 teknik Public Speaking saat memberikan pernyataan maaf :

1. Hindari Pembenaran Diri

Hidarilah pembenaran diri karena opini yang telah terbentuk tidak mudah untuk di ubah, malah akan terus menjadikan Anda terlihat negatif apabila Anda melakukan pembenaran terhadap tindakan yang Anda buat. Walaupun mungkin saja maksud dari tindakan Anda tersebut berbeda dengan persepsi dari orang yang menerimanya.

Baca Juga : Persuasif Komunikasi

2. Ucapkanlah Kata ‘Maaf Dengan Tulus

Saat Anda mengucapkan permintaan maaf, Anda perlu memperhatikan volume suara dan ekspresi untuk menguatkan permintaan maaf Anda. Hal ini penting untuk Anda lakukan karena melalui volume suara dan ekspresi Anda, penerima pesan dapat mengetahui apakah Anda melakukannya dengan tulus atau tidak.

3. Berikan Penjelasan Yang Jelas

Anda perlu memberikan penjelasan yang jelas, jujur dan tidak berbelit-belit. Supaya penerima pesan bisa menilai dengan baik apa yang Anda katakan. Sehingga hal ini dapat meluruskan opini yang telah terbentuk dan reputasi Anda akan tetap baik di mata orang tersebut.

Meminta maaf setelah melakukan kesalahan tidaklah sesederhana mengucapkan sepatah dua patah kata, minta maaf adalah cara untuk menunjukkan bahwa Anda mengaku berbuat salah dan telah belajar dari kesalahan itu. Untuk meminta maaf dari seseorang, Anda harus memikirkan tindakan Anda dan bagaimana pengaruhnya pada orang yang Anda sakiti. Lakukanlah tiga tips di atas untuk memudahkan Anda melakukan permintaan maaf

Semoga Bermanfaat!