3 Jenis Deskripsi untuk Mempengaruhi Audiens

3 Jenis Deskripsi untuk Mempengaruhi Audiens

Public Speaking Jakarta | Seperti sumber daya berharga lainnya dalam berbicara di depan public, deskripsi kehilangan kekuatannya ketika dilakukan terlalu berlebihan. Sikap yang terlalu berlebihan membuat topic terlihat konyol. Dalam berbicara di depan public, deskripsi materi seharusnya dilakukan menggunakan metode sugensti, tidak hanya karena deskripsi sugestif jauh lebih ringkas dan menghemat waktu, tetapi juga karena begitu hidup.

 

Baca Juga : 5 Formula Untuk Menyampaikan Pesan Anda

 

Terdapat beberapa cara dalam menyampaikan materi presentasi anda dengan metode deskripsi :

1. Deskripsi Singkat

Sampaikan materi presentasi anda secara singkat tanpa bertele-tele. Hal ini dimaksudkan agara audiens mudah memahami materi yang anda sampaikan.

2. Deskripsi Menggunakan Singkatan

Sampaikan materi presentasi anda dengan deskripsi menggunakan kiasan, menggunakan contoh sebagai panduan. Menggunakan gaya deskripsi yang figurative namun terkendali, misalnya ditandai dengan perbandingan dan penokohan yang singkat, tajam, cerdas, dan lucu adalah sumber daya yang bagus untuk semua jenis pidato di depan umum.

3. Deskripsi Secara Langsung

Pernyataan ini cukup polos tanpa paparan. Gunakan penilaian anda sendiri, sampaikan dari gambaran umum menuju hal-hal yang yang lebih rinci, atau sebaliknya. Pastikan untuk menyampaikan dengan singkat.

Perhatikan cara seorang pembicara yang luar biasa saat memicu perhatian audiens, dan audiens menjadi sangat bersemangat. Jika anda sering menghadiri acara seorang pembicara, anda pasti terkesan oleh hal ekstrem yang disampaikan para pembicara dengan beberapa pengecualian, bahasa mereka selalu berlebihan atau kasar. Hal ini sangat tidak dianjurkan ketika anda berbicara di hadapan audiens, anda harus menjaga kosakata yang anda sampaikan agar mendapat perhatian dari audiens. (Mardiana Fitriani)

 

Public Speaking Indonesia | Training Public Speaking

Pelajari teknik mempertahankan perhatian audiens bersama Public Speaking Jakarta dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 495 0909