Buat Presentasi Mengesankan Di Hadapan Klien

Buat Presentasi Mengesankan Di Hadapan Klien

Motivator | Pembicara | Public Speaking Guy Kawasaki, seorang pengusaha sukses dan marketing specialist asal hawaii yang juga seorang mantan pegawai Apple dan mendapat sebutan “Apple Fellow” atau bisa disebut sebagai salah satu dari karyawan-karyawan yang telah memberikan kontribusi besar bagi Apple mengungkapkan rahasia dibalik suksesnya presentasi bisnis yang ia lakukan.

Guy Kawasaki mengatakan ia memiliki satu metode khusus dalam melakukan presentasi yang sudah ia gunakan lebih dari 40 kali dalam satu tahun saat dirinya menjadi seorang keynote speaker. Metode tersebut adalah 10/20/30 atau dapat diartikan sebagai 10 slide presentasi, 20 menit berbicara, dan 30 ukuran minimal font yang digunakan.

Melakukan presentasi di hadapan banyak orang merupakan salah satu skill yang perlu dilatih agar Anda dapat melakukannya dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Terlebih lagi, ketika Anda melakukan presentasi tersebut di hadapan klien atau rekan bisnis Anda, yang mana hal tersebut akan berpengaruh kepada pekerjaan Anda.

Baca juga : Bangun Personal Branding Melalui Public Speaking

Terapkan 3 P ini untuk membuat presentasi bisnis yang mengesankan :

1. Percaya Diri

Percaya diri adalah kunci utama dari sebuah presentasi yang akan Anda lakukan. Rasa percaya diri haruslah Anda miliki. Jangan sampai ketika Anda sudah berdiri di hadapan audiens, Anda merasa bahwa sebetulnya Anda belum siap melakukan presentasi tersebut, Anda masih belum cukup mengerti apa yang Anda sampaikan, dan lain sebagainya.

Pastikan jauh sebelum presentasi tersebut dimulai, Anda sudah menemukan rasa percaya diri Anda sehingga presentasi yang Anda bawakan dapat tersampaikan secara baik dan dapat dipahami oleh audiens Anda, serta audiens Anda dapat melihat poin plus dari kepercayaan diri yang Anda tampilkan.

2. Persiapan

Anda pastinya harus mempersiapkan apa saja kebutuhan yang sekiranya Anda butuhkan ketika akan melakukan suatu hal. Begitupun dengan presentasi, Anda harus mempersiapkan apa saja yang sekiranya Anda butuhkan ketika melakukan presentasi tersebut. Pastikanlah bahwa laptop Anda dalam kondisi baik, pastikanlah bahwa Anda sudah menyimpak file presentasi dengan baik dan benar, dan lain sebagainya.

Persiapan yang matang akan membantu Anda untuk lebih percaya diri dalam membawakan presentasi di hadapan klien. Sehingga persiapan ini sangat penting untuk Anda lakukan.

3. Pesan memukau

Buatlah pesan dan kesan yang memukau saat Anda melakukan presentasi di hadapan audiens Anda. Buat awalan presentasi yang dapat menarik dan memukau klien Anda agar apa yang Anda presentasikan setelahnya dapat mereka terima dengan baik. Ingatlah bahwa kesan pertama yang dirasakan oleh klien atau audiens Anda sangat penting dan akan sangat berpengaruh bagi hasil presentasi Anda nantinya.

Memiliki ide adalah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, namun untuk meng-implementasikannya yang sulit untuk dilakukan. Maka dari itu, Anda harus mencari tahu dan belajar mengenai ilmu presentasi ataupun public speaking.

“Ideas are easy. Implementation is hard.” – Guy Kawasaki

Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909

Originally posted 2022-12-21 10:34:49.