Tips Meningkatkan Penjualan lewat Presentasi Virtual

Tips Meningkatkan Penjualan lewat Presentasi Virtual

Public Speaking“It’s time to go where your buyers live: online. If you pride yourself on being where your buyers are, why aren’t you online yet?” – Jamie Shanks

Terjadinya transaksi jual-beli banyak bergantung pada kepercayaan dan hubungan baik. Faktor hubungan ini tidak dapat dengan mudah dibangun melalui telepon, email atau chat saja. Bagaimana seseorang membawa diri dan menerapkan norma-norma budaya (misalnya berjabat tangan, membungkuk, kontak mata, dll.) sama pentingnya dengan kesepakatan bisnis.

Berdasarkan riset Gartner, pada tahun 2024 nanti hanya 25% pertemuan bisnis yang akan terjadi secara langsung. Itu artinya, banyak transaksi yang terjadi secara virtual. Sama seperti presentasi pada umumnya, kesuksesan penjualan virtual bergantung pada pemahaman dan pemenuhan kebutuhan audiens.

Presentasi virtual yang efektif menawarkan banyak manfaat yang sama seperti transaksi langsung, yaitu kesempatan untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin melalui verbal, non-verbal, dan visual. Kemahiran dalam menyajikan presentasi secara virtual mungkin lebih penting daripada kelebihan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Berikut adalah beberapa tips mulai dari merencanakan, menulis, men-design, dan menyampaikan presentasi virtual yang dapat memperpendek jarak antara Anda dan customer.

1. Harus Menguasai Secara Teknis

Sebagai bagian dari persiapan Anda untuk presentasi virtual, lakukan pemeriksaan teknis beberapa poin ini secara berkala:

1). Memastikan koneksi internet stabil

2). Memahami cara kerja perangkat Anda serinci mungkin

3). Pastikan sudah menonaktifkan notifikasi di ponsel dan desktop

4). Pastikan perangkat Anda memiliki kamera dan mikrofon berkualitas tinggi

5). Pilih ruangan yang tenang dan terang dengan latar netral

Baca juga : Menghentikan kebiasaan buruk dalam presentasi 

2. Mengembangkan Empati Audiens

Setiap keputusan berasal dari empati audiens, maka presentasi yang sukses adalah ketika audiens mampu mengikuti cara pikir Anda. Jika Anda mampu mengembangkan empati audiens, maka proses penyelarasan pemikiran ini akan lebih cepat.

Ambil setiap kesempatan untuk membangun hubungan baik, seperti kontak mata dan jeda karena kontak mata telah terbukti dapat membangun kepercayaan. Menjeda memungkinkan audiens Anda untuk memahami apa yang Anda katakan. Beri mereka waktu untuk memproses, terutama jika interaksi virtual Anda hanya melalui audio dan mereka tidak memiliki visual untuk membantu mereka memahami. Jika Anda berada dalam posisi mendengarkan, jadilah pendengar yang aktif, bisa dengan mengangguk, tersenyum, dan menunjukkan ketertarikan.

Cobalah untuk menyertakan logo atau produk perusahaan Anda di latar belakang ruangan atau gambar yang memperkuat nilai merek Anda (misalnya: penghargaan, piala, foto, dll.) atau sesuatu yang membantu Anda terhubung secara emosional dengan audiens, namun jangan terlalu berlebihan.

3. ‘Menangkan’ Hati Audiens dengan Sebuah Cerita

Salah satu perbedaan terbesar antara presentasi langsung dan virtual adalah prevalensi gangguan. Dalam presentasi langsung, audiens tidak akan terganggu oleh perangkat, sebaliknya dalam lingkungan virtual, audiens hanya mengandalkan perangkat dimana semua komunikasi jarak jauh bersaing untuk mendapatkan perhatian mereka.

Apakah presentasi Anda cukup menarik untuk menang?

Sukses dimulai dengan menyusun cerita yang membuat audiens Anda nyaman. Promosi penjualan yang bagus adalah dengan membuat proposisi nilai menjadi jelas dan ringkas, mempercepat narasi dengan tepat, dan menggunakan variasi untuk menarik perhatian audiens.

Kunci dari mempertahankan fokus audiens adalah harmoni visual, yaitu kombinasi visual yang menarik dan kata-kata Anda untuk membantu audiens mudah memahami pesan. Ingatlah untuk berbicara dengan tepat, variasikan intonasi suara, dan proyeksikan suara Anda dengan percaya diri.

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0812 4950 909.

Sumber: https://www.duarte.com/presentation-skills-resources/drive-sales-virtual-presentation-tips/