Empat Factor Yang Harus Anda Survey Sebelum Presentasi

Empat Factor Yang Harus Anda Survey Sebelum Presentasi

“if you want to be a leader, you had better be able to communicate” Paul Agenti, Phd – Professor Corporate Comunication.


Public Speaking | Public Speaking Indonesia | Belajar Public Speaking | Empat Faktor Yang Harus Disurvey Sebelum Presentasi

Membawakan seminar dengan peserta mayoritas para pejabat (wakil gubernur, walikota, bupati dan anggota DPR) adalah hal yang menarik karena akan banyak sudut pandang baru yang Saya dapatkan sebagai seorang Motivator. Seminar bertemakan “Membangun Pemimpin Handal dan Berkualitas”

Sesi dengan tema Strategi membuat presentasi yang menjual Saya isi dengan konsep 3S : Survey, Slide Design dan Sequencing

Survey mengenai peserta adalah langkah awal untuk memastikan apa yang Anda berikan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh peserta Anda. Survey ini juga bertujuan untuk mengetahui metode presentasi yang efektif. Seperti yang Kita ketahui ada empat metode presentasi yang umum di gunakan : Hafalan, Bacaaan, Dadakan dan Penjelasan. Dimana keempat metode tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan. Lalu hal apa saja yang harus Anda survey sebelum melakukan presentasi ?

Baca Juga : Motivator Abal – Abal

Inilah Empat Factor Yang Harus Anda Survey Sebelum Anda Memulai Sebuah Presetasi :

1. Harapan

Ketahuilah tujuan Anda saat memberikan presentasi. Ada tiga level presetasi :

a. Pertama, mengetahui, pada level ini peserta akan mengetahui mengenai hal yang ingin Anda bagikan.

b. Kedua, mengerti. Disini peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai poin yang Anda sampaikan secara detail sehingga Mereka mengerti dan memahami.

c. Ketiga, “membeli.” Peserta di harapkan  “membeli” ide, gagasan atau produk yang akan Anda sampaikan.

2. Latar Belakang

Pahami dan pelajari latar belakang pendidikan, usia, agama dan suku dari peserta Anda sehingga Anda akan lebih mudah untuk menjalin komunikasi dengan Mereka.

3. Jumlah

Peserta di bagi menjadi empat bagian :

a. Kecil < 10 orang

b. Sedang  11- 500 Orang

c. Besar 500 – 5000 orang

d. Massal > 5000 orang

4. Tempat

Hanya terdapat dua jenis tempat yakni Indoor dan Outdoor. Perhatikan tempat presetasi Anda  dan sesuaikanlah penampilan Anda.

Ingin membaca artikel menarik lainnya ?

Bisa kunjungi web Kami di publicspeakingacademy.co.id

Demikian Saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi koran Kontan

Penulis Buku Best Seller

Founder Public Speaking Academy

Klik Disini : Bangkit dari kegagalan

Semoga bermanfaat !