Public Speaking Indonesia I Bagaimana memulai presentasi anda jika anda tidak memakai powerpoint ? Kadang anda lupa atau tidak mempersiapkan powerpoint tetapi jangan khawatir. Anda juga bisa memulai pembicaraan tanpa slide powerpoint.

 

Ada 3 tips untuk memulai pembicaraan tanpa menggunakan slide powerpoint :

1.Jangan terburu-buru

3 S yang akan dilakukan saat membuka presentasi yaitu :

S yang pertama adalah Smile atau senyum. Senyum adalah hal yang sederhana yang bisa kita lakukan agar menggambarkan bahwa anda senang bertemu dengan para audiens anda.

S yang kedua adalah silent atau diam. Diam adalah hal yang membuat audiens anda terpaku kepada anda dan audiens anda akan memperhatikan anda.

S yang ketiga adalah speak atau bicara. Berbicara lah setelah melalkukan senyum dan diam. Jangan juga terlalu lama diam , karena membuat audiens menjadi tidak penasaran lagi apa yang ingin anda bicarakan.

 

2.Memakai property

Property adalah alat bantu anda agar audiens mengetahui apa yang anda akan bicarakan yang berhubungan dengan property tersebut dan itu membuat anda bisa berinteraksi lebih mudah dengan audiens.

Baca juga : 3 L dalam Public Speaking

 

3.Memulai dengan Cerita

Cara paling mudah untuk membawa audiens kedalam cerita yang anda bawakan adalah menceritakan penggalaman pribadi dan bawakan dengan bahasa tubuh sehingga cerita tersebut terlihat hidup oleh audiens dikarenakan adanya gerakan-gerakan yang menggambarkan cerita yang anda ceritakan

 

Dibuat: MaretiHandayani

 

Public Speaking Jakarta | Pelatihan Public Speaking

 

Untuk memahami teknik presentasi yang menarik klik DISINI dan temukan jawabannya

 

Tingkatkan kemampuan Public Speaking dan presentasi Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau hubungi 0812 4950 909