Pentingnya Manajemen Waktu Saat Public Speaking

Pentingnya Manajemen Waktu Saat Public Speaking

Public Speaking | Manajemen waktu sangat penting dalam setiap bidang kehidupan. Secara teori terdengar mudah, namun dalam praktiknya mengelola waktu merupakan tantangan tersendiri bagi beberapa bidang, salah satunya public speaking.

Kemampuan memanajemen waktu saat berbicara di depan umum dapat terlihat pada gerak-gerik si pembicara ketika di atas panggung. Apakah Anda tipe pembicara yang penyampaiannya terlalu cepat, lambat, atau keduanya?

Audiens dapat dengan mudah melabeli Anda berdasarkan cara Anda melakukan presentasi. Sayangnya, ‘label’ tersebut bisa menentukan seberapa jauh informasi yang bisa diserap audiens, hingga karir Anda sebagai seorang pembicara di masa depan.

Baca juga : Pidato dan public speaking ala presiden Indonesia

Ada tiga cara praktis agar Anda berhasil mengatur waktu di atas panggung :

1. Tahu Waktu

Kedengarannya sederhana tetapi banyak pembicara naik ke panggung tanpa adanya persiapan soal waktu. Cara termudah dan terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memakai jam tangan. Menggunakan handphone mungkin bisa menjadi pilihan, tetapi gerakan Anda akan terbatas dan akhirnya justru mengganggu penampilan Anda. Dengan menggunakan jam tangan, Anda bisa memperkirakan kapan waktu harus memulai, memberi jeda dan berpisah dengan audiens.

2. Berlatih dengan Waktu

Elemen kunci dari mempersiapkan dan mempraktikkan presentasi dengan benar sebelum penampilan sesungguhnya adalah mengatur semuanya dengan waktu. Manajemen waktu harus dimulai sejak tahap persiapan, sehingga Anda akan terbiasa saat tampil di atas panggung.

3. Biarkan Audiens Menikmati Waktunya

Manajemen waktu yang efektif bukan tentang mengemas konten sebanyak mungkin. Tapi tentang dapat menggunakan waktu dengan baik untuk membuat audiens Anda memiliki pengalaman yang berharga dan tak terlupakan. Seorang pembicara yang memberi jeda, memberikan waktu kepada audiens untuk bereaksi (misalnya: tertawa) dan menghabiskan waktu membangun hubungan dan melibatkan audiens adalah manajemen waktu yang paling efektif di atas panggung.

Manajemen waktu yang efektif sangat penting saat berbicara di depan umum. Sebagai pembicara, pengaturan waktu yang baik dapat mencegah Anda dari ‘berkejar-kejaran’ dengan waktu, bisa terdepan atau bahkan tertinggal di belakangnya. Dan yang nantinya dirugikan bukan hanya Anda, tapi audiens pun ikut merasa tak nyaman.

Temukan beragam tips bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan keterampilan public speaking tanpa perlu memakan waktu bertahun-tahun. Cukup dua hari saja, Anda akan dipandu langsung oleh fasilitator kami yang kompeten dengan cara yang menyenangkan.

Dibuat : Isabelle Anjani

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0812 4950 909