Menjadi Master Dalam Public Speaking

Menjadi Master Dalam Public Speaking

Motivator | Pembicara | Public Speaking “Kesuksesan muncul dari pertemuan anatara peluang yang tercipta atau diciptakan dan kesiapan untuk memanfaatkannya.” – Ongky Hojanto

Menjadi pembicara bukanlah sekedar Anda dapat berbicara dan membawakan materi Anda hingga tuntas dihadapan audiens. Namun, lebih dari itu. Ketika Anda membawakan sebuah materi maka Anda harus mendapatkan perhatian dari audiens Anda agar apa yang Anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens Anda.

Ada banyak hal yang harus Anda siapkan dan latih sebelum Anda berbicara dihadapan para audiens, salah satunya adalah bagaimana caranya untuk menjadi seorang pembicara yang menyenangkan dan dapat menarik perhatian para audiens?

Baca juga : Cerita dalam public speaking

Berikut ini adalah 3 cara untuk menjadi master :

1. Belajar dari pengalaman

Guru yang paling berharga adalah pengalaman. Ceritakanlah pengalaman, baik milik Anda maupun milik orang lain yang memiliki hubungan dengan materi yang Anda sampaikan. Jadikan cerita tersebut sebagai jembatan untuk membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda, karena pada hakikatnya manusia suka mendengarkan sebuah cerita yang orisinal dan tidak garing.

Dengan ini, Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus yaitu belajar dari apa yang Anda ceritakan tersebut dan juga menarik perhatian audiens Anda dengan cerita yang Anda sampaikan.

2. Latihan

Materi tanpa aksi adalah sebuah hal yang sia-sia. Maka dari itu, latihan adalah hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk menjadi master dalam public speaking. Latihlah kemampuan berbicara Anda dengan melakukannya secara rutin di waktu-waktu luang keseharian Anda. Seperti diperjalanan, di depan cermin, ataupun kepada orang yang mau mendengarkan Anda berlatih.

Hal ini akan sangat berpengaruh kepada progres kemampuan public speaking Anda, karena dengan memperbanyak latihan maka Anda akan semakin sering berbicara layaknya seorang pembicara dan lambat laun akan mulai terbiasa.

3. Ambil kesempatan

Beberapa orang akan merasa bahwa jika ia ditunjuk untuk membawakan sebuah materi presentasi maka hal tersebut adalah sebuah bencana bagi dirinya. Ketidaksiapan yang ada, kesulitan mengatasi rasa takut, dan juga hal-hal lainnya yang membuat ia tidak mau mengambil kesempatan yang sudah diberikan karena takut mengacaukan acara tersebut.

Inilah pentingnya latihan yang rutin hingga Anda menjadi terbiasa untuk membawakan sebuah presentasi, agar Anda dapat mengambil kesempatan yang akan diberikan kepada Anda. Dengan mengambil kesempatan tersebut Anda juga akan bisa menambah jam terbang Anda sebagai pembicara serta meningkatkan branding diri Anda.

Main ke pantai tangkap kepiting

Pulangnya ketemu Ayu ting-ting

Ayo perdalam ilmu public speaking

Agar dapat meningkatkan branding

Semoga bermanfaat!

Originally posted 2023-01-20 16:25:40.