Mengatur Volume Suara Saat Presentasi

Public Speaking | Pernahkah Anda menghadiri seminar atau workshop, lalu Anda kesulitan mendengar apa yang dikatakan pembicara padahal informasi yang disampaikan penting? Inilah yang audiens Anda rasakan jika Anda berbicara tidak cukup keras atau jelas.

Siapa sangka, pengaturan volume suara menjadi unsur yang penting ketika melakukan presentasi. Informasi atau pesan yang ingin Anda sampaikan ke audiens tidak mungkin dapat diterima sepenuhnya jika mereka tidak dapat mendengarnya dengan jelas bukan?

Mungkin Anda berpikir ini hanya soal keras atau tidaknya suara saja yang bisa disiasati dengan menggunakan pengeras suara. Pada kenyataannya masalah bukan pada keras atau tidaknya saja, tapi kejelasan suara serta daya tarik suara Anda yang bisa dirasakan audiens Ketika Anda percaya diri.

“Tapi suara saya memang kecil, gimana dong?”

“Saya tidak biasa teriak-teriak.”

Berikut beberapa tips mengatur volume suara saat presentasi :

1. Buang rasa takut

Buang rasa takut untuk berbicara keras karena takut dianggap kasar atau tidak sopan. Rasa takut lah yang justru menahan suara Anda, maka lepaskanlah. Sebagai pembicara, tentunya Anda ingin seisi ruangan dapat mendengar suara Anda bukan? Maka tingkatkan volumenya, namun tetap pastikan tidak hanya sekedar keras tapi juga jelas.

Baca juga : Tips membuat obrolan berkualitas dalam bisnis

2. Ambil nafas dalam

rasa gugup berada di depan banyak orang seringkali membuat kita berbicara sambil terengah-engah dan akhirnya mempengaruhi volume suara. Cobalah mengambil nafas dalam-dalam sebelum mulai berbicara agar suara yang keluar bukan hanya keras tapi juga jelas, sehingga semua orang yang ada di ruangan dapat mendengar dan memahami pesan yang Anda maksud.

3. Percaya kepada apa yang Anda katakan

Terakhir, percayalah pada apa yang Anda katakan. Karena jika Anda sendiri ragu, maka volume suara akan menurun dengan sendirinya. Seolah-olah kita tidak ingin audiens mendengar kita dan mendengarkan apa yang kita katakan. Ketika Anda percaya diri, maka volume suara akan naik dan suara terdengar lantang.

Lakukan tiga hal di atas maka presentasi atau public speaking Anda akan berjalan lancar seperti harapan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle 0811 3440 909