Mana yang Lebih Penting : Konten atau Cara Penyampaiannya?

Mana yang Lebih Penting : Konten atau Cara Penyampaiannya?

Public  Speaking | Pertanyaan ini paling banyak ditanyakan saat mulai belajar public speaking, tapi sesungguhnya kedua faktor ini sama pentingnya dalam menentukan kesuksesan jalannya presentasi.

Simon Raybould pernah mengatakan “It’s important to remember that presentations aren’t about the presenter; they’re about the audience and what the audience needs.”

Ini artinya, apa yang pembicara tampilkan dan sampaikan haruslah berdasarkan kebutuhan audiens. Karena jika audiens merasa konten yang disampaikan sesuai dengan apa yang mereka cari, maka mereka akan lebih tertarik untuk mendengarkan. Benar begitu bukan?

Lalu apa sebenarnya konten itu?

Apa yang Anda katakan dan bagaimana cara mengatakannya sangat penting dalam menjangkau audiens Anda. Melakukan riset tentang audiens, kemudian memilih topik yang tepat untuk dijadikan konten, informasi pendukung, bahasa, dan visual akan memungkinkan audiens lebih bisa memahami dan menerimanya.

Apa manfaatnya untuk Anda? Kesempatan yang jauh lebih baik untuk meyakinkan audiens melakukan apa yang Anda katakan. The powerfull of content and presentation!

Baca juga : Tips mengembangkan penyampaian yang dinamis. 

Cara penyampaian seperti apa yang tepat?

Cara penyampaian adalah tentang bagaimana terhubung dengan audiens Anda. Meskipun bukan pertunjukan atau layaknya dosen yang sedang memberi materi kuliah, presentasi atau pidato idealnya menyenangkan bagi semua yang terlibat dan informatif bagi yang menyaksikannya.

Dengan berfokus pada alat yang memungkinkan pembicara membentuk hubungan dengan audiens, Anda dapat memaksimalkan ikatan yang sudah terjalin. Apakah alat itu? Konten yang dikemas dengan cara penyampaian yang menarik.

Bagaimana supaya menarik?

Semua kembali pada pengalaman masing-masing pembicara. Namun untuk para pemula yang minim pengalaman, tak perlu takut! Intinya harus percaya diri. Karena jika seorang pembicara gugup, maka konten yang ingin disampaikan tidak akan sampai ke audiens.

Baik konten maupun cara penyampaian, keduanya sama-sama penting. Konten dan cara penyampaian berjalan beriringan. Jika penampilan Anda buruk, bahkan materi terbaik pun akan tidak menarik audiens. Sebaliknya pun begitu. Jika Anda hanya berbicara omong kosong, audiens Anda pada akhirnya akan melihat kedatangannya hanya ‘buang-buang waktu’. Jadi fokuslah pada keduanya.

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: http://www.kaylaschwartz.com/coaching-services/presentation/content-and-delivery/