Kekuatan Personal Branding Bagi Seorang Public Speaker

Kekuatan Personal Branding Bagi Seorang Public Speaker

Public Speaking“Personal branding is the art of becoming knowable, likable and trustable.” – John Jantsch Personal branding selalu penting bagi seorang public speaker atau pembicara publik, sehingga jika Anda ingin menonjol diantara sesama pembicara, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengembangkan personal branding sehingga Anda dapat membedakan diri Anda dari pembicara lainnya.

Tapi mengapa personal branding begitu penting? Dan apa yang bisa dilakukan untuk menghasilkan manfaat?

Personal branding penting karena seorang pembicara perlu membedakan diri dari pembicara lainnya jika ingin tetap eksis di industri ini. Perusahaan dan penyelenggara acara mencari pembicara dengan personal branding yang kuat karena mereka dapat mengambil keuntungan pula dari pembicara tersebut melalui jalur-jalur promosi yang dimiliki mereka.

Baca Juga : Bagaimana Menarik Minat Audiens

Statistik Personal Branding

Statistik tidak berbohong dan ada banyak studi di luar sana yang membantu menggambarkan kekuatan personal branding. Berikut beberapa diantaranya:

  • Menggunakan tanda tangan berwarna dapat meningkatkan pengenalan merek hingga 80%.
  • Presentasi merek yang konsisten meningkatkan pendapatan sebesar 33%.
  • 64% konsumen akan membeli suatu merek atau bahkan memboikotnya jika merek tersebut bermasalah, baik secara sosial maupun politik.
  • 85% perekrut dan profesional SDM di AS mengatakan bahwa reputasi online karyawan memengaruhi keputusan perekrutan mereka.
  • 89% pelanggan tetap setia pada merek yang memiliki nilai yang sama.
  • 89% marketing mengatakan bahwa brand awareness adalah tujuan utama mereka.
  • 60% konsumen milenial mengharapkan merek yang konsisten di semua media.
  • 91% konsumen lebih suka membeli merek asli.
  • 82% investor ingin perusahaan tempat mereka berinvestasi memiliki merek yang kuat.
  • Loyalitas merek bernilai 10x lebih banyak daripada satu pembelian.

Memulai dengan Personal Branding

Personal branding adalah salah satu area menarik dimana mudah untuk memulai tetapi sulit untuk menjadi master. Hal ini terutama berlaku untuk public speaker, yang perlu menjadi ‘ahli edukasi’ sekaligus menguasai komunikasi.

Salah satu cara termudah untuk memulai adalah dengan menggunakan media sosial untuk menyampaikan pesan Anda. Anda juga memerlukan situs web yang layak, dan Anda harus berkomitmen untuk memperbaruinya secara teratur, meskipun hanya sebulan sekali.

Berinteraksilah dengan media sosial perusahaan, vendor-vendor acara atau tinggalkan komentar di blog mereka. Jangan tunggu mereka menghubungi Anda, tapi langsung tawarkan pada mereka apa yang bisa Anda berikan pada mereka. Terakhir, dan yang paling penting, Anda harus berkomitmen pada personal branding Anda.

Setelah tahu betapa pentingnya personal branding bagi seorang pembicara, Anda tentu harus lebih banyak mengasah keterampilan komunikasi sebagai salah satu usaha memperkuat personal branding Anda.

Asah terus kemampuan negosiasi Anda dengan mengikuti Workshop Public Speaking Mastery. Daftarkan segera diri Anda DISINI atau bisa langsung hubungi Ms. Isabelle (0811 3440 909) untuk info lebih lanjut.

Semoga Bermanfaat!

Sumber: https://speakerhub.com/skillcamp/power-personal-branding-public-speakers