Cara Meningkatkan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Cara Meningkatkan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Public SpeakingBekerjalah lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil. -Chairul Tanjung

Dalam dunia kerja, motivasi kerja sangatlah dibutuhkan oleh semua kalangan. Baik bagi seorang Manager, Supervisor, maupun Staff. Jika Anda adalah seorang pemimpin sebuah perusahaan, maka penting bagi Anda untuk memperhatikan motivasi kerja setiap karyawan yang ada di perusahaan Anda.

Motivasi kerja setiap karyawan bisa saja menurun karena satu dan lain hal yang membuatnya menjadi malas untuk bekerja. Seperti rasa jenuh saat menyelesaikan jobdesc, terlibat konflik baik dengan orang yang ada di dalam lingkungan perusahaan ataupun bukan, dan mungkin juga karyawan Anda merasa kurang nyaman dengan lingkungan yang ada disekitarnya.

Baca juga : Rahasia tampil kharismatik saat webinar

Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin yang harus mengayomi karyawannya, Anda harus memperhatikan lebih teliti lagi terkait apa saja yang tengah dirasakan oleh karyawan Anda. Anda harus mencari tahu apa saja yang dibutuhkan agar motivasi dan juga semangat karyawan Anda menjadi baik demi meningkatkan kinerja kerja mereka.

Berikut ini adalah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di perusahaan Anda :

1. Memberikan pelatihan pengembangan diri.

Untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah dibuat oleh pemimpin perusahaan, maka para karyawan harus memiliki kemampuan ataupun keahlian yang dapat mendukung untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Sebagai seorang pemimpin Anda bisa memfasilitasi para staff atau karyawan Anda untuk mengikuti sebuah pelatihan untuk meng-upgrade dan juga mengembangan keahlian karyawan Anda guna meningkatkan kinerja-nya dan juga mendukung tercapainya tujuan perusahaan. Anda dapat memberikan karyawan Anda fasilitas untuk mengikuti kelas-kelas seperti Public Speaking, Digital Marketing, dan lain-lainnya.

2. Menciptakan lingkungan kerja yang aman serta nyaman.

Untuk melakukan hal yang berkualitas dengan pikiran yang fokus akan hal tersebut, maka sudah pasti lingkungan sekitar sangat mempengaruhinya. Jika lingkungan sekitar berisik, padat, panas, dan membuat siapa saja yang berada di tempat tersebut merasa tidak nyaman, maka dapat mempengaruhi apa yang dihasilkan. Lain hal jika tempat kerja yang Anda gunakan adalah tempat yang bersih, harum, tenang, sehingga membuatnya terasa nyaman, maka sesuatu yang akan dihasilkan pun akan bagus.

Maka, Anda harus membuat suatu lingkungan kerja yang positif dan membawa kebahagian terhadap para karyawan Anda. Buatlah lingkungan kerja yang nyaman bagi para karyawan Anda agar mereka dapat memaksimalkan apa yang sedang mereka kerjakan untuk perusahaan Anda.

3. Salary yang sesuai dengan apa yang dikerjakan.

Memberikan gaji yang sesuai dengan apa yang dibebankan kepada karyawan akan membuat mereka merasa termotivasi untuk meningkatkan kinerja kerja, karena gaji atau salary merupakan motivasi utama seseorang untuk bekerja. Jika ada sebuah ketidakadilan dalam salary, biasanya para karyawan akan kehilangan minat untuk bekerja karena merasa apa yang mereka lakukan adalah hal yang sia-sia tanpa ada feedback yang sesuai.

4. Berikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat.

Adakalanya dalam sebuah situasi pemimpin perusahaan membutuhkan pendapat atau masukan dari para karyawannya untuk membantu dalam mencari solusi dan juga jalan keluar dari situasi tersebut. Namun, tidak jarang pula pendapat yang dikemukakan oleh para karyawan tidak diterima dengan baik atau tidak memiliki ruang yang bebas.

Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja karyawan karena meraka merasa tidak dapat membantu atau menuangkan gagasannya terhadap perusahaan. Maka dari itu, berikanlah karyawan Anda ruang untuk berpendapat dan juga mengemukakan apa yang ada dipikirannya.

5, Memberikan waktu untuk berlibur.

Otak yang dipaksa berpikir terus-menerus dan tubuh yang dipaksa bekerja hingga tak terurus sangat berpengaruh terhadap apa yang manusia kerjakan. Jika karyawan Anda sudah bekerja dari senin hingga sabtu dan hanya libur di hari minggu, maka tidak ada salahnya Anda memberikan karyawan Anda waktu beberapa saat untuk menikmati ‘liburan’ tanpa bayang-bayang pekerjaan.

Hal ini berguna untuk mengisi kembali daya yang ada di dalam tubuh karyawan Anda agar saat mereka kembali masuk kantor, pikiran dan juga tubuh mereka merasa fresh dan juga siap untuk bekerja. Ada kalanya apresiasi seperti ini juga penting bagi para karyawan Anda guna meningkatkan kinerja kerja karyawan. Atau Anda juga bisa mengadakan liburan bersama satu kantor ke suatu tempat yang menyenangkan.

Ayo tingkatkan motivasi kerja karyawan di perusahaan Anda agar apa yang menjadi tujuan perusahaan dapat tercapai dengan sempurna. Fasilitasi karyawan Anda dengan pelatihan keahlian, ciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, berikan salary atau gaji yang sesuai dengan apa yang dikerjakan, beri ruang untuk berpendapat, dan jangan lupa untuk apresiasi hal-hal positif yang dilakukan oleh karyawan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0812 4950 909.