Buat Audiens Terkesan Dengan Presentasi Yang Berani

Buat Audiens Terkesan Dengan Presentasi Yang Berani

Motivator | Pembicara | Public Speaking “There are two types of speakers: Those who get nervous and those who are liars.” – Mark Twain

Dimanapun Anda berada, apapun tingkatan dan jabatan Anda, public speaking merupakan sebuah kemampuan yang wajib Anda miliki untuk menunjang pekerjaan. Dengan kemampuan public speaking yang baik, maka Anda dapat dengan lebih mudah mengkomunikasikan hal apapun mengenai pekerjaan Anda baik dengan sesama karyawan, dengan atasan, dengan bawahan, maupun dengan pihak eksternal.

Hal yang paling sering menjadi penghambat seseorang untuk berbicara di depan umum adalah keberanian. Banyak yang ingin mencoba untuk membawakan presentasi atau public speaking namun tidak cukup berani untuk melakukannya. Maka dari itu, Anda harus sering berlatih membawakan sebuah presentasi atau public speaking agar ketakutan yang Anda rasakan sebelumnya menjadi sebuah keberanian.

Baca juga : 3 Cara penyampaian dalam public speaking

Coba 3 tips berikut agar Anda dapat tampil berani saat presentasi :

1. Buat persiapan yang matang

Kunci utama dalam melakukan presentasi ataupun public speaking adalah membuat persiapan yang matang. Siapkan diri Anda, siapkan materi apa yang akan dibawakan, pastikan bahwa file materi Anda sudah betul dan mudah di akses saat akan menggunakannya sebagai bahan presentasi, cari tahu siapa saja audiens Anda agar Anda dapat menyesuaikan kalimat yang akan Anda katakan, serta jangan lupa siapkan peralatan yang akan gunakan saat presentasi. Jika semua persiapan sudah siap dan aman, maka 50% masalah Anda untuk menghadapai presentasi atau public speaking tersebut sudah teratasi.

2. Rileks

Gugup, gemetar, dan rasa takut adalah hal wajar yang biasanya dirasakan sebelum berbicara di depan umum. Jangan sampai perasaan tersebut menganggu dan menghancurkan apa yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Ambil sedikit waktu sebelum naik ke atas panggung atau memasuki ruang presentasi untuk mengistirahatkan diri Anda dan membuat diri Anda rileks. Buat lah beberapa gerakan yang dapat membuat Anda sedikit merasa baik seperti lompat-lompat kecil, memberikan afirmasi positif di cermin, ataupun membuat pernafasan perut.

3. Buat kontak dengan audiens

Selain dapat meningkatkan keberanian, kontak dengan audiens juga akan membantu Anda untuk lebih dekat dengan audiens Anda. Selama presentasi, berjalanlah ke arah audiens Anda sesekali, buatlah kontak mata sehingga membuat suasana komunikasi yang tidak canggung dan juga nyaman. Dengan adanya kontak antar pembicara dan audiens juga akan membuat audiens Anda merasa di hargai dan Anda terlihat layaknya seorang pembicara professional yang handal.

Untuk tampil berani dalam presentasi atau public speaking memang bukanlah hal yang mudah dan instan. Namun Anda dapat mengatasinya dengan terus berlatih serta belajar dari ahlinya.

Ayo tingkatkan kemampuan public speaking Anda dengan mengikuti seminar dan juga pelatihan public speaking. Bersama belajar public speaking untuk meningkatkan karir.

Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik   DISINI   dan temukan jawabannya.Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik   www.publicspeakingacademy.co.id   atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Isabelle Anjani 0811 3440 909