BAGAIMANA CARA MENGHADAPI KRITIK?

BAGAIMANA CARA MENGHADAPI KRITIK?

Public Speaking“You should take criticism gracefully, even when you disagree with it. If nothing else, you’re learning something valuable about how someone else sees you.” —Alison Green

Pembicara tak lepas dari masukan dan kritik. Sayangnya, banyak sekali yang mundur hanya karena kritik, karena tidak semua orang mampu melihat kritik dari perspektif yang berbeda. Ada yang tidak kita sadari selama berbicara di depan umum, yang hanya bisa dilihat oleh audiens. Disinilah masukan dan kritik menjadi sangat penting untuk meningkatkan keterampilan public speaking Anda.

Memang benar, tidak semua feedback dari seseorang (positif atau negatif) merupakan penilaian objektif atas penampilan Anda. Bisa jadi karena mereka merasa Anda lebih baik, dan berusaha menjatuhkan mental Anda dengan kritikan. Disinilah kekuatan mental sebagai pembicara diuji, karena Anda tidak akan pernah mungkin bisa menyenangkan semua orang.

Orang lain akan selalu menemukan kelemahan Anda, tapi bagaimana cara menyikapinya semua bergantung di tangan Anda. Berikut beberapa tips dari kami tentang bagaimana cara menghadapi kritik dan mengubahnya menjadi sesuatu yang positif untuk karir Anda.

Mengevaluasi Konten dan Konteks

Ketika kritik datang, selalu berpegang teguh pada dua hal: konten dan konteks. Bagaimana caranya?

Dari sisi konten, coba periksa kembali pidato atau presentasi Anda untuk melihat apakah ada yang bisa ditingkatkan atau ditambahkan agar lebih relevan untuk audiens Anda.

Dari sisi konteks, mencari cara baru tentang bagaimana memperbaiki atau bahkan meningkatkan cara mengkomunikasikan ide-ide Anda. Apakah Anda sudah mempresentasikannya dengan tepat? Apakah sudah cukup untuk meyakinkan audiens?

baca juga : Menyenangkan Audiens Saat Berpidato

Kesempatan untuk ‘Mengupgrade’ Diri

Menjadi baik saja tidak cukup, tapi Anda harus menjadi hebat. Terkadang pengalaman menjadi pembicara bertahun-tahun membuat seseorang terlena. Menurutnya, metode atau caranya berkomunikasi dan konten yang disajikan sudah cukup baik untuk audiens.

Perasaan cukup ini haruslah dihindari, karena pengetahuan dan teknologi terus berjalan maju. Semakin kesini, audiens akan lebih kritis dan jeli melihat segala sesuatu dan disinilah peran kritik yang masuk jadi kesempatan untuk selalu meningkatkan keterampilan public speaking Anda.

Menurunkan Ego

Kritik seringkali menyakiti harga diri seseorang. Sebagai pembicara, memiliki ego yang tinggi justru akan menutup kesempatan Anda mendapatkan ide-ide baru yang bisa membantu memperbaiki performa Anda di atas panggung. Mungkin pada awalnya, segala bentuk kritik terdengar menjatuhkan. Tapi ketika Anda mendengarnya dari banyak orang, membicarakan hal yang sama, maka bisa jadi itulah kelemahan yang harus Anda akui dan ubah. Yang selama ini tidak pernah Anda sadari karena ego yang menutup telinga Anda.

Meskipun kritik bisa jadi keuntungan dalam melihat kelemahan yang Anda tidak sadari, tapi jangan lantas membuat Anda terlena untuk terus melakukan kesalahan karena merasa dimaklumi ya. Justru inilah saatnya untuk bertransformasi menjadi lebih baik. Setuju?

 

Mau pelatihan lebih lengkap seputar public speaking? Anda bisa ikuti Workshop Public Speaking Mastery. Disana Anda akan dilatih tentang cara menjadi pembicara yang kompeten dengan cara yang menyenangkan dan tak butuh waktu lama. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan harga spesial untuk 10 pendaftar pertama.

 

Translator : PL

Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.

Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0811 3440 909

Sumber: https://robbiesenbach.com/2018/09/05/how-to-deal-with-negative-feedback/