3 S Agar Anda Menjadi Percaya Diri

Motivator | “Rasa percaya diri itu hasil dari kumpulan rasa yang dilalui saat mencoba dan berlatih tiada henti”

-Nikma Basyar-

 

Anda kadang bertanya-tanya mengapa diri anda adalah orang yang malu, orang yang penakut, orang yang grogi, orang yang minder. ada sebab yang anda juga buat dipikiran anda sendiri. anda tidak bisa terus-terusan jadi orang yang takut dalam segala hal. tetapi anda harus belajar percaya diri dengan cara berikut ini

 

Ada 3 S agar anda menjadi percaya diri :

1. Self-concept

bagaiman Anda menyimpulkan diri anda secara keseluruhan, bagaimana Anda melihat potret diri Anda secara keseluruhan, bagaimana Anda mengkonsepsikan diri anda secara keseluruhan. sejauhmana Anda punya keyakinan terhadap penilaian Anda atas kemampuan Anda dan sejauh mana Anda bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil.

 

2. Self-esteem

sejauh mana Anda punya perasaan positif terhadap diri Anda, sejauhmana Anda punya sesuatu yang Anda rasakan bernilai atau berharga dari diri Anda, sejauh mana Anda meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri Anda.

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah jauhkan pola pikir kalau kamu tidak bisa menjadi percaya diri. Jika kamu masih memiliki pola pikir pesimistis tersebut, maka akan semakin sulit bagimu untuk percaya diri, entah seberapa keras kamu berusaha menjadi percaya diri.

Sebaliknya, cobalah berpikir bahwa kepercayaan diri menjadi sesuatu yang alami ada dalam dirimu. Sama seperti kamu mandi, makan, mengobrol dengan teman, dan lainnya. Tentunya kamu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara biasa dan alami.

 

3. Self efficacy

sejauh mana Anda punya keyakinan atas kapasitas yang Anda miliki untuk bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to succeed). Ini yang disebut dengan general self-efficacy. Atau juga, sejauhmana Anda meyakini kapasitas anda di bidang anda dalam menangani urusan tertentu. Ini yang disebut dengan specific self-efficacy.

Kalau kamu memang mencemaskan atau mengkhawatirkan sesuatu, jangan ragu untuk mengungkapkannya kepada orang lain yang kamu percaya. Seperti sahabat, keluarga atau kekasih misalnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan mendapat dukungan moral dari mereka, lebih-lebih kamu juga akan mendapat masukan berguna yang ampuh meningkatkan rasa percaya dirimu.

 

Dibuat: Mareti Handayani

Ingin menjadi Trainer yang sukses klik DISINI dan temukan jawabannya

Tingkatkan kemampuan diri anda dengan klik www.Ongkyhojanto.com atau hubungi Mareti 0811 3440 909