Tujuh Cara Menjadi Master

Tujuh Cara Menjadi Master

Tujuh Cara Menjadi Master |

Kesuksesan muncul dari pertemuan antara peluang yang tercipta atau diciptakan dan kesiapan untuk memanfaatkannya. – Ongky Hojanto.

Ada tujuh cara untuk mempersiapkan diri Anda menjadi pembicara yang dapat menarik perhatian Audience Anda, yaitu:

1. Belajar dari pengalaman diri sendiri. Menceritakan pengalaman pribadi merupakan salah satu magnet yang menarik Audience untuk mendengarkan. Tak peduli cerita atau pengalaman Anda baik atau buruk, asal ada makna positif yang bisa dijadikan sebuah pelajaran, maka ceritakanlah.

2. Belajar dari pengalaman orang lain. Kumpulkan dan susun kisah-kisah orang lain yang berhubungan dengan topik yang sedang dibahas agar bisa dipelajari orang lain dan dapat menjadi sebuah acuan orang lain untuk mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

3. Berbicara didepan cermin. Teknik ini memiliki manfaat lain, yaitu Anda bisa melihat ekspresi wajah, posisi tubuh, dan gerakan tangan Anda. Sering sekali peserta seminar public speaking, seorang pembicara tidak mampu mengekspresikan mimik sesuai dengan pesan yang disampaikan membantu mempertegas dan memperjelas makna pesan tersebut. Audience Anda akan tau yakin tidaknya Anda, sedih gembiranya Anda, atau serius tidaknya Anda dari eskpresi Anda, bukan dari kata-kata yang Anda ucapkan.

4. Berbicaralah kepada siapapun yang mau mendengar. Semakin sering kita mengulangi sesuatu, semakin paham dan semakin mahir kita akan hal itu. Begitu juga dengan materi yang Anda akan bawakan. Saat Anda menyampaikannya kepada orang, otomatis Anda ikut mendengarnya.

5. Bicara selagi berkendara. Ini salah satu teknik yang efektif. Selain untuk melatih dan mempersiapkan diri menjelang presentasi, seminar atau training, juga untuk mengatasi kebosanan saat macet.

6. Bicara saat mandi. Banyak orang memiliki kebiasaan beryanyi saat mandi. Namun hal ini dapat kita ubah menjadi kebiasaan berlatih menyampaikan materi saat Anda mandi.

7. Berbicara setiap kali ada kesempatan. Ada begitu banyak orang yang merasa dunia akan kiamat saat diminta untuk berbicara didepan umum, walaupun hanya untuk beberapa menit saja. Ini terjadi karena mereka belum memiliki banyak ilmu dan keterampilan untuk melakukannya.

 

Salam Hebat

Ongky Hojanto
Founder Motivator ACademy & Public Speaking Academy

Inspirator Sukses no 1 Indonesia (versi majalah info bisnis Internasional)

Yuk, ngobrol bersama saya? FOLLOW saya di twitter: @psacademyid. Atau, LIKE saya di facebook

Originally posted 2016-09-20 14:12:17.