Teknik Pembukaan yang Berkesan

Teknik Pembukaan yang Berkesan

Teknik pembukaan yang berkesan dalam seminar public speaking | setiap detik ada 11 juta bit informasi yang masuk ke panca indra seseorang, sementara dia hanya akan memperoses sekitar 40 informasi dan membuang yang lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menarik perhatian mereka pada kesempatan pertama dengan teknik pembukaan yang menarik. Ada 3 alasan utama teknik pembukaan yang penting dalam presentasi :

1. Untuk menarik perhatian audiens. Secara fisik, audiens bisa saja berada diruang tempat Anda melakukan presentasi, tapi pikiran mereka mungkin menjelajah kemana-mana. Teknik pembukaan ini sangat penting untuk menarik perhatian audiens sehingga fokus mereka mengarah kepada Anda.

2. Untuk mencairkan kekakuan. waktu yang sangat penting saat berbicara di depan umum adalah 5 menit pertama. Kalau 5 menit pertama itu lancar, umumnya sepanjang presentasi akan berjalan lancar.

3. Untuk memberikan informasi. Audiens akan mendapatkan informasi mengenai isi pidato dari pembukaan yang Anda sampaikan.

Berikut ada 10 cara membuka presentasi yang bisa menarik perhatian audiens :

1.Visual  Impact. Anda memperlihatkan dampak secara visual yang menarik  perhatian audiens dan menjadi jembatan untuk masuk ke pembahasan topik.

2. Powerful Question. Anda memberikan permasalahan yang sedang terjandi dan presentasi Anda merupakan solusi dari permasalahan itu.

3. Audient Participatino. Anda meminta partisipasi langsung dari audiens.

4. Story. Anda menceritakan kisah yang berkaitan dengan topik yang akan Anda bahas.

5. Four Statement. Anda melemparkan empat pertayaan yang sama atau berbeda, disusul dengan topic bahasan Anda yang berkaitan dengan keempat pertanyaan itu.

6. Pujian. Anda membuka presentasi dengan memberikan pujian kepada audiens.

7. Fakta Mengejutkan. Anda memberikan fakta yang tidak diketahui sebagai bahan untuk membuka presentasi dan memberikan efek mengejutkan bagi audiens. Hal ini penting agar Anda memperoleh perhatian mereka.

8. Kutipan. Anda mengambil kutipan dari tokoh yang audiens kenal sebagai acuan dalam mengembangkan materi seminar.

9. Humor. Walaupun bisa membuka presentasi dengan humor, Anda perlu jeli dan berhati-hati dalam menggunakannya.

10. Pertanyaan dari orang ternama. Anda juga bisa memberikan pertanyaan yang menggiring rasa ingin tahu audiens dan diajukan oleh seorang tokoh terkenal.

 

 

 

 

Salam Hebat

Ongky Hojanto
Founder Motivator ACademy & Public Speaking Academy

Inspirator Sukses no 1 Indonesia (versi majalah info bisnis Internasional)

Yuk, ngobrol bersama saya? FOLLOW saya di twitter: @psacademyid. Atau, LIKE saya di facebook

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

 

 

 

Originally posted 2016-10-01 11:34:04.