Peran Penting Komunikasi Manajemen Dalam Mengembangkan Bisnis Anda

Peran Penting Komunikasi Manajemen Dalam Mengembangkan Bisnis Anda

Public Speaking |  “Communication is one of the most important skills you require for a successful life.” – Catherine Pulsifer

Komunikasi manajemen adalah istilah yang digunakan untuk manajer yang mengatur dan memastikan karyawan mereka mendapat informasi yang baik tentang apa yang dibutuhkan dari mereka.

Ada berbagai jenis komunikasi dalam manajemen, tetapi untuk memulainya, seorang manajer perlu memiliki keterampilan interaksi yang lebih baik. Hal ini penting sebagai keterampilan interpersonal, karena seorang manajer menangani staf dari berbagai latar belakang yang berbeda, sehingga cara menyampaikan informasi juga harus berbeda.

Salah satu alasan utama penyebab gagalnya komunikasi di tempat kerja adalah karena karyawan merasa tidak dapat berkomunikasi. Banyak karyawan merasa mereka tidak memiliki suara di tempat kerja mereka, dan ini dapat menyebabkan produktivitas menjadi stagnan bahkan menurun.

Memfasilitasi karyawan untuk bersuara membangun kepercayaan mereka terhadap pimpinan. Dengan kombinasi kepercayaan dan komunikasi yang terbuka, aliran informasi dan tujuan dalam bisnis menjadi jelas dan stabil.

Berikut 3 Tips Manfaat Komunikasi Manajemen yang Baik :

1. Tingkat Efisiensi Lebih Besar di Tempat Kerja

Komunikasi yang lebih baik dengan karyawan mendorong arus informasi yang bebas melalui semua departemen yang berbeda, sehingga mengurangi risiko miskomunikasi yang dapat merugikan perusahaan.

Komunikasi manajemen yang lebih baik tidak hanya memengaruhi komunikasi antar karyawan, tetapi juga dapat berdampak signifikan pada hubungan dengan pelanggan. Komunikasi manajemen yang buruk dapat menyebabkan miskomunikasi nilai kepada pelanggan target dan mengakibatkan penurunan prospek.

2. Kinerja dan Kepuasan Karyawan

Jika karyawan senang datang ke tempat kerja, maka mereka akan lebih berusaha untuk mengerjakan tugas apa pun yang diberikan kepada mereka. Mengomunikasikan tujuan yang jelas kepada karyawan membuat mereka merasa percaya diri dengan apa yang harus mereka lakukan dan memaksimalkan waktu mereka.

3. Mencegah Karyawan Berbakat Resign

Memastikan karyawan bahagia dan merasa aman dalam bisnis adalah dengan melalui komunikasi yang baik antara manajer dan karyawannya. Jika mereka merasa didengarkan, aman, dan melakukan apa yang mereka sukai, mereka akan bertahan dalam perusahaan dan berkontribusi pada kesuksesan bisnis Anda.

4. Menciptakan Tempat Kerja Menarik

Membuat karyawan bahagia akan menarik minat orang lain untuk bekerja dalam perusahaan Anda. Menciptakan tempat kerja yang menarik juga akan meningkatkan keuntungan perusahaan, sekaligus menarik calon karyawan yang berbakat dan investor potensial.

Baca Juga : Sikap-Sikap Pendidik Yang Baik

Cara Meningkatkan Komunikasi Manajemen :

Jadi, apa kunci komunikasi manajemen yang efektif?

1. Jujur dan Tegas, Sambil Melatih Empati

Bersikap jujur dan tegas adalah poin kunci yang dicari tim Anda. Namun tak lupa kembangkan sikap empati saat mewujudkan tujuan Anda, juga merupakan aset yang berharga.

Bersikap jujur, bahkan saat menyampaikan berita buruk, akan membuat Anda tampak lebih “manusiawi” dan akan meninggalkan kesan kepada karyawan bahwa Anda mudah didekati.

2. Personalisasi Komunikasi

Saat ini, banyak karyawan dari beragam kelompok usia yang harus dihadapi oleh seorang manajer di tempat kerja. Hal ini menuntut seorang manajer untuk berkomunikasi sesuai dengan latar belakang masing-masing karyawan. Misalnya karyawan senior berusia 50 tahun mungkin lebih suka bertemu langsung, sementara karyawan berusia 20 tahunan lebih suka online meeting. Jenis komunikasi dalam manajemen ini sangat efektif untuk mendapatkan hasil yang cepat.

3. Apresiasi Karyawan

Cara terbaik untuk mendapatkan respon positif dari karyawan adalah dengan memberi mereka apresiasi, misalnya pujian ketika mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik. Apresiasi yang karyawan terima adalah faktor penting yang mendorong keinginan mereka untuk bekerja lebih baik dan lebih keras.

Komunikasi manajemen sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang kohesif. Penting untuk mendengarkan dan memahami apa yang dikatakan karyawan Anda. Pada saat yang sama, manajer yang baik juga memiliki tujuan bisnis yang jelas, serta tidak takut untuk mengomunikasikan setiap informasi, baik itu yang berita baik atau buruk.

Berkomunikasi dengan karyawan dengan cara yang membuat mereka merasa nyaman sangat penting untuk mendapatkan respon positif. Tujuan dari semua ini adalah untuk mendapatkan hasil maksimal dari karyawan Anda. Kejelasan tentang apa yang dibutuhkan dari mereka akan membantu mereka merasa dihargai dan pada akhirnya meningkatkan bisnis.

Pelajari lebih banyak komunikasi manajemen dengan mendaftarkan diri Anda dalam Workshop Public Speaking Mastery DISINI atau bisa langsung hubungi Ms.Isabelle (0811 3440 909) untuk info lebih lanjut.

Semoga Bermanfaat!

Sumber: https://www.makingbusinessmatter.co.uk/management-communication/