Peran Komunikasi dalam Meningkatkan Kepribadian
Public Speaking | “To effectively communicate, we must realize that we are all different in the way we perceive the world and use this understanding as a guide to our communication with others.” – Anthony Robbins
Kepribadian mengacu pada karakteristik individu, gaya, perilaku, pola pikir, sikap, cara uniknya sendiri dalam memahami sesuatu dan melihat dunia. Faktor genetik, latar belakang keluarga dan budaya yang beragam, lingkungan, hingga situasi saat ini berperan penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Cara Anda berinteraksi dengan orang lain mencerminkan kepribadian Anda. Seseorang dengan kepribadian yang menyenangkan akan lebih dihargai dan dihormati oleh orang lain.
Keterampilan komunikasi berperan penting dalam mengasah kepribadian Anda. Komunikasi membantu Anda untuk mengekspresikan diri dengan cara yang paling meyakinkan. Pikiran, perasaan dan pengetahuan Anda harus disampaikan dengan cara yang tepat dan keterampilan komunikasi yang efektif sangat menentukan tingkat keberhasilan Anda dalam menyampaikannya.
Berikut beberapa tips yang bisa bermanfaat dalam berkomunikasi untuk menunjukkan kepribadian Anda yang baik.
1. Pemilihan kata yang tepat sangat penting
Anda harus tahu betul apa yang Anda bicarakan, karena Anda tidak pernah tahu kata-kata apa yang mungkin bisa menyakiti orang lain. Jangan pernah bersikap kasar kepada siapa pun, meskipun hanya lewat kata-kata. Jangan pernah pula terlalu banyak bermain kata, yang nantinya justru menjadi senjata makan tuan. Lebih baik mengutarakan pesan langsung ke intinya.
2. Bicaralah dengan meyakinkan sehingga orang lain mengerti apa yang ingin Anda komunikasikan
Gaya komunikasi sangat menggambarkan kepribadian Anda. Berbicaralah secara perlahan untuk membantu Anda menemukan kata-kata yang tepat dan juga mencerminkan perhatian. Tekankan kata-kata penting dan relevan agar orang lain menyadarinya.
Baca juga : Bukan hanya apa yang dikatakan, tapi bagaimana Anda mengatakannya
3. Percaya diri saat berbicara memberi kesan pribadi yang mengesankan dan hebat
Jangan menunjukkan tanda-tanda gugup saat berinteraksi dengan orang lain. Lakukan kontak mata yang tepat dengan orang lain. Jangan melihat sekeliling saat berinteraksi dengan orang lain.
4. Penggunaan bahasa tubuh yang tepat
Dengan menampilkan bahasa tubuh yang tepat maka akan memancarkan kepercayaan diri dan hasilnya semakin mengasah kepribadian Anda. Jangan tergoda untuk merespon hal-hal di sekitar saat berbicara.
5. Jangan membicarakan sesuatu yang tidak Anda mengerti
Jika Anda tidak begitu yakin bagaimana mengucapkan kata tertentu, maka jangan diucapkan. Mengucapkan kata-kata yang salah menciptakan kesan buruk pada orang lain.
6. Tidak perlu menggunakan aksen orang lain
Anda tidak perlu berbicara dengan aksen palsu untuk membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik. Hindari menjadi plagiat orang lain. Anda harus memiliki gaya komunikasi sendiri untuk membedakannya dari yang lain.
7. Jadilah pendengar yang baik dan sabar
Amati apakah orang lain mendengarkan Anda atau tidak. Biarkan orang lain berbicara juga jika ada pertanyaan atau merasa bingung dengan apa yang Anda sampaikan.
Tidak semua orang diberkati dengan keterampilan komunikasi yang baik, maka diperlukan mereka waktu yang tidak sedikit untuk berlatih. Seseorang yang mampu berkomunikasi secara efektif dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain, baik itu sesama rekan kerja, teman sebaya, keluarga dan sebagainya.
Jika Anda ingin mengetahui cara presentasi yang hebat, klik DISINI dan temukan jawabannya.
Tingkatkan kemampuan diri Anda dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id atau Untuk menanyakan mengenai Training Public Speaking silahkan hubungi Ms. Cheristine 0812 4950 909.
Sumber: https://www.managementstudyguide.com/communication-skills-and-personality-development.htm
Originally posted 2022-04-08 01:37:51.