Mengendalikan Rasa Takut Menjadi Berani

Mengendalikan Rasa Takut Menjadi Berani

Menurut Survey, kematian adalah urutan ketujuh yang ditakuti oleh orang lain. Sedangkan berbicara didepan umum menjadi ketakutan nomor satu yang ditakuti orang lain.

Pembicara Seminar Public Speaking dan pembicara-pembicara profesional lainnya mempunyai ilmu untuk mengendalikan rasa takut. Sedangkan pembicara amatir membiarkan perasaan takut itu untuk menyelimuti diri mereka.

Bagaimana cara mengendalikan rasa takut itu? Ada 5P yang akan kita bahas untuk mengendalikan rasa takut tersebut.

1. Penyesuaian Diri. Pengendalian diri terbagi menjadi 2 bagian, yaitu fisik dan mental. Dimana pikiran dan tubuh Anda harus seimbang. Mengubah salah satunya akan mengubah kedua-keduanya. Jangan membayangkan hal-hal yang terjadi, namun bayangkanlah hal-hal yang Anda inginkan.

2. Perubahan Bahasa Tubuh. Anthony Robbins mengatakan “Bahasa tubuh Anda akan mengubah emosi Anda”. Sebelum Anda melakukan presentasi ubahlah bahasa tubuh Anda. Buka mata Anda, berikan senyuman, maka otomatis bahasa tubuh Anda akan berubah lebih baik.

3. Pernapasan Perut. Manusia mempunyai 4 gelombang otak. Yaitu, Betha, Alpha, Tetha, Delta. Setiap hari gelombang otak kita memiliki perubahan. Pernapasan perut ini akan memiliki penurunan yang membuat kita akan lebih tenang. Sehingga otak Anda lebih mudah menyerap apa yang ingin Anda sampaikan nanti.

4. Pemanasan. Panaskanlah organ-organ bicara Anda sebelum Anda melakukan training public speaking.

5. Penjangkaran. Apa sih penjangkaran tersebut? Misal, Anda mendengar lagu tertentu mendadak Anda ingat sesuatu yang mungkin lagu tersebut merupakan lagu kenangan Anda. Ketika Anda membayangkan sesuatu maka emosi Anda akan berubah sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Misal Anda membayangkan sesuatu yang menyenangkan, maka muatan emosi Anda akan berubah menjadi suatu yang membuat Anda tersenyum. Namun jika Anda membayangkan sesuatu yang tidak Anda sukai, maka secara otomatis Anda akan mengekspresikannya dengan raut wajah marah, atau sebagainya. Maka, bayangkanlah sesuatu yang bisa membuat Anda percaya diri sebelum berbicara didepan umum.

 

Salam Hebat

Ongky Hojanto
Founder Motivator ACademy & Public Speaking Academy

Inspirator Sukses no 1 Indonesia (versi majalah info bisnis Internasional)

Yuk, ngobrol bersama saya? FOLLOW saya di twitter: @psacademyid. Atau, LIKE saya di facebook

Originally posted 2016-08-24 10:02:13.