Mempersiapkan Topik Bahasan Presentasi Yang Berkualitas

Mempersiapkan Topik Bahasan Presentasi Yang Berkualitas

Ketika menyajikan presentasi dalam seminar atau workshop public speaking banyak presenter bersemangat tinggi, namun kualitas materinya kurang baik. Sementara materi presentasi para presenter lain berkualitas, namun cara penyampaiannya membuat kita mengantuk. Pelajaran yang disampaikan Twain memang benar bahwa “para public speaker mempersiapkan presentasi yang berkualitas hasil dari persiapan yang matang”.

 

Persiapan isi, struktur materi, dan penyampaian sering kali saling berkaitan. Apabila semuanya berjalan lancar, hal ini dapat membangkitkan kreativitas. Tidak ada ketrampilan lain selain terampil dalam public speaking yang dapat menyelamatkan presentasi yang tidak berbobot. Oleh karena itu, kita harus memiliki kemampaun public speaking yang baik dan harus mengembangkan isi presentasi yang berbobot.

 

Berikut terdapat beberapa cara untuk mengembangkan isi presentasi yang berbobot :

 

  1. Berbicara dari sudut pandang yang benar

Isi presentasi akan lebih berbobot apabila kita memperkenalkannya dari sudut pandang yang unik dan benar. Seorang public speaker juga dapat membuat isi presentasinya berpengaruh dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang merangsang pikiran untuk membuat para peserta berpikir.

  1. Menetapkan judul yang membuat peserta penasaran

Judul presentasi adalah umpan untuk membuat presentasi lebih menarik dan menimbulkan rasa penasaran bagi peserta. Apa yang membedakan judul presentasi yang memikat hati dengan judul yang membuat presentasi terkesan membosankan ?, judul tersebut harus memiliki unsur kejutan, inovatif, orisinal, memukau, menimbulkan rasa antusias, atau memikat hati.

  1. Menciptakan pembukaan dan penutup presentasi yang sangat berpengaruh

Hasil penelitian tentang memori menunjukkan bahwa materi yang paling mudah diingat dan yang paling berpengaruh adalah bagian awal dan akhir. Oleh karena itu, para presenter hebat memberikan perhatian khusus pada pengembangan dan penyampaian bagian pembukaan dan penutup presentasi.

 

Menyiapkan isi presentasi yang berkualitas merupakan hasil perpaduan dari berbagai unsur. Salah satunya adalah menyatukan isi yang berkualitas, mencakup berbicara dari sudut pandang yang benar dan mengembangkan judul yang akan memukau imajinasi peserta. Susunlah bagian pembukaan dan penutupan dengan isi yang berpengaruh, sesudah itu, lanjutkan dengan mengembangkan berbagai cerita yang dapat mengilustrasikan isi presentasi dengan tepat.

 

Maka dari itu, tingkatkan kemampuan public speaking anda

Dengan Hub. 08124950909