Cara Menghibur Audience

Cara Menghibur Audience

Menghibur Audience | “Saya bekerja untuk menghormati public secara total dan mereka membayar saya untuk bekerja” -Jose Mourinho

 

Salah satu tugas dari seorang pembicara, selain menyampaikan ide-ide yang tertuang dalam adalah menghibur Audience. Berkesan tidaknya sebuah seminar atau training public speaking tergantung pada berapa banyak emosi Audience yang Anda gali. Emosi-emosi seperti gembira, bahagia dan senang penting dikeluarkan serta diekspresikan oleh Anda dan Audience dalam suatu seminar public speaking.

Ada sejumlah cara untuk membuat Audience puas dengan training yang Anda selenggarakan. Hal-hal berikut yang perlu Anda masukkan ke training Anda:

1. Game. Buatlah permainan kelompok untuk menjelaskan suatu hal. Penjelasan Anda akan lebih mudah diingat oleh peserta bila disampaikan dalam bentuk permainan daripada hanya dalam bentu kata-kata.

2. Humor. Selingi penjelasan dengan humor yang berkaitan dengan materi Anda. Humor bisa berasal dari pengalaman Anda atau pengalaman orang lain. Pastikan humor tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan). Beberapa jenis humor yang Anda sampaikan kepada Audience :

a. yang berhubungan dengan seks

b. yang berhubungan dengan pengalaman pribadi, dan

c. yang berhubungan dengan pengalaman orang lain.

 

3. Libatkan panca indra Audience. (Visual, Auditory, Kinestetik)Manusia memasukkan informasi melalui panca indra. Dari kelima indra itu ada indra “kegemaran” sebagai tempat masuk informasi terbanyak. Sekitar 55% orang lebih suka menggunakan indra visual (penglihatan) sebagai jalan masuk informasi, 37% menggunakan informasi indra auditory (pendengaran) dan 8% menggunakan indra kinestetik (perasaan).

4. Cerita. Kumpulkan cerita-cerita motivasi, seperti kisah orang yang sukses di bidang tertentu, kisah rakyat yang inspiratif, atau metafora yang sengaja Anda ciptakan untuk menyampaikan maksud Anda secara tidak langsung. Cerita ini bisa digunakan untuk menambah “bumbu” dan menciptakan gambar di benak Audience.

 

Demikian dari saya Ongky Hojanto

Pakar Public Speaking Indonesia versi Koran Kontan

Penulis buku best seller Public Speaking Mastery.

 

Mau tingkatkan kemampuan public speaking anda ? Klikwww.publicspeakingacademy.co.id

Dan anda bisa konsultasi workshop public speaking ke :

Ms Eli 08113440909 /Ms Tya 08113490909

 

Originally posted 2016-09-28 10:09:22.