4 Tips Mengurangi Stress Saat Berpidato

4 Tips Mengurangi Stress Saat Berpidato

Public Speaking Jakarta | Apakah anda pernah sakit kepala atau stress sebelum berpidato ?

Banyak yang merasa sakit kepala ketika harus berpidato ataupun berbicara di depan umum. Reaksi ini normal ketika anda ketakutan atau stress. Orang yang mengalami kegugupan atau demam panggung sebelum berbicara di depan umum akan mendapatkan manfaat dengan memahami reaksi kimia yang terjadi di pikiran dan tubuh mereka ketika sedang stress.

Tidak mengingat apapun di depan audiens tentu sangat mengerikan. Mengapa anda dapat mengingat materi ketika berlatih di rumah, tetapi tidak ketika berpidato di depan umum ?. Stress karena berhadapan dengan audiens dapat memicu reaksi kimia di otak sehingga mempengaruhi ingatan anda. Hal ini terjadi pada banyak orang ketika mereka berdiri di depan orang banyak.

Lalu, Bagaimana cara anda mengatasi stress saat berpidato di depan umum ?

 

Baca Juga : Mengatasi Rasa Takut

 

Berikut beberapa cara untuk mengurangi stress tersebut :

a. Pernapasan

Carilah tempat yang sunyi sehingga anda tidak akan terganggu atau merasa terhalangi. Tutup kedua mata selama beberapa waktu, ambil napas perlahan, berfokuslah pada aliran anda. Latihan rutin seperti ini sebelum berpidato dapat mengurangi stress anda.

b. Positive Self-Talk

Katakana pada diri sendiri : “saya tenang, saya yang berkuasa, saya siap untuk berbicara dengan bebas”. Pengulangan kata-kata ini terus-menerus, mengirimkan pesan positif ke otak anda.

c. Meminta Bantuan

Hubungi teman atau kolega yang anda percaya, dan mintalah bantuan mereka. Mintalah mereka berbicara kepada anda agar rasa takut itu berlalu dan membantu menenangkan anda. Bahkan, proses mengungkapkan masalah ke dalam kata-kata merupakan langkah positif.

d. Gerak Silang

“Gerak silang” adalah latihan percepatan pembelajaran yang terkenal dan mudah dilakukan sebelum berpidato. Tepuk lutut kanan dengan tangan kiri dan ulangi lutut kiri dengan tangan kanan. Kemudian, ulangi urutan tersebut, kali ini dengan tangan dan kaki bertemu di belakang tubuh. Tujuan latihan ini adalah untuk menggabungkan garis bujur otak kiri dengan otak kanan, dan membantu pikiran anda santai. (Mardiana Fitriani)

 

Public Speaking Indonesia | Training Public Speaking

Pelajari teknik mengatasi stress anda bersama Public Speaking jakarta dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Originally posted 2018-03-02 16:08:59.