5 P dalam Menciptakan Kesan

5 P dalam Menciptakan Kesan

Public Speaking Jakarta | Apakah kesan pertama sungguh penting ? Orang menilai anda dalam sepuluh detik sejak pertama bertemu. Kesan pertama yang bagus dapat membuat anda mendapatkan teman baru, membangun bisnis dan jaringan, memperbaiki hubungan pribadi dan bisnis, bahkan menghasilkan uang. Kesan pertama yang buruk bisa membuat bisnis anda kurang lancar.

Pendengar memutuskan untuk mempercayai anda atau tidak berdasarkan kesan pertama mereka. Kesan pertama sangat penting dalam berbicara di depan umum karena pendengar tanpa sadar akan memutuskan apakah mereka mendengar pesan anda atau tidak, tergantung pada kesan pertama yang anda ciptakan.

 

Baca Juga : Cara Berbicara yang Menarik Perhatian 

 

Terdapat resep 5 P dalam menciptakan kesan pertama yang anda inginkan

a. (Planning) Rencanakan Apa yang Anda Ucapkan dan Lakukan

Membuat kesan memerlukan usaha. Rencanakan koleksi pesan utama dan percakapan pembuka anda. Tentukan sasaran dan tujuan anda.

b. (Preparation) Persiapkan Materi, Penampilan, dan Lingkungan

Persiapkan materi anda sebelum anda memulai berbicara didepan umum, gunakan pakaian yang membuat anda terlihat dapat dipercaya, dan ciptakan lingkungan sekitar panggung anda sedemikian rupa agar dapat membantu anda terlihat baik dalam membawakan materi didepan umum.

c. (Packaging) Kemaslah Diri dan Pidato Anda

Kemaslah diri dan pidato anda dengan baik. Sebagai contoh, anda dapat membuat tema pidato tentang pribadi dan nilai-nilai bisnis anda.

d. (Pace) Tentukan Kecepatan, Tingkat Energi, Tubuh, dan Suara Anda

Berlatihlah dengan praktikan latihan bernapas untuk menenangkan diri sehingga anda paham untuk memperlambat dan menambah kecepatan dialog. Pelajari suara anda agar pidato anda bercorak, bersinar, dan berwarna. Menentukan kecepatan pidato dan jeda, secara efektif akan membuat anda lebih dipercaya.

e. (Paint) Buatlah Gambaran Positif Tentang Anda dan Orang lain

Gunakan kisah untuk mengajak audiens anda. Berbicaralah dengan menggunakan perumpamaan atau contoh. Ingatlah untuk selalu berbicara positif tentang diri anda, dan audiens selama presentasi berlangsung. (Mardiana Fitriani)

 

Public Speaking Indonesia | Training Public Speaking

Pelajari teknik membuat kesan pertama anda menjadi luar biasa bersama Public Speaking jakarta dengan klik www.publicspeakingacademy.co.id  atau hubungi 0812 4950 909

Originally posted 2018-02-27 10:48:55.